Sukses

Lifestyle

Kesalahan dalam Mencuci Tangan paling Umum yang Harus Kamu Hindari

Fimela.com, Jakarta Di tengah-tengah penyebaran virus corona, ada satu pesan yang tentu sering kamu dengar, yakni mencuci tangan. Tetapi jika tidak tahu cara mencuci tangan dengan cara yang benar, mungkin tangan tidak sebersih yang kamu kira.

Sebagai permulaan, pastikan kamu tidak melakukan kesalahan mencuci tangan yang umum di bawah ini. Luangkan waktu untuk mencuci tangan dengan benar setiap saat dan kamu dapat memastikan tangan bebas kuman dan menghindari penyebaran penyakit. Melansir dari realsimple.com, berikut kesalahan-kesalahan yang umun terjadi dalam mencuci tangan.

Tidak mencuci tangan cukup lama

Menurut CDC, 20 detik adalah jumlah waktu optimal yang diperlukan untuk mencuci tangan. Studi menunjukkan bahwa periode waktu yang lebih singkat mungkin tidak efektif untuk menghilangkan kuman. Namun, 20 detik mungkin terasa lebih lama dari yang kamu pikirkan tetapi demi tangan yang steril dan jauh dari kuman, kamu harus melakukannya setiap saat. Jadi, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan setiap saat selama 20 detik. 

Kesalahan mencuci tangan

Tidak menggunakan sabun

Jika mencuci tangan tanpa menggunakan sabun, kamu pasti salah melakukannya. Menurut CDC, senyawa dalam sabun yang disebut surfaktan dapat menghilangkan kotoran dan mikroba dari tanganmu. Selain itu, kita semua cenderung menggosok tangan kita lebih menyeluruh ketika kita menggunakan sabun dan air dibandingkan hanya dengan air.

Jika kamu bertanya-tanya apakah harus meraih sabun atau membasahi tangan terlebih dahulu, CDC merekomendasikan untuk meletakkan tangan di bawah air mengalir, lalu matikan keran, dan kemudian menggunakan sabun.

Melewatkan beberapa bagian

Ada beberapa area yang sebagian besar dari kita lewati ketika mencuci tangan, terutama punggung tangan, sela- sela jari tangan, dan bagian bawah kuku. Luangkan waktu untuk memastikan kamu telah membersihkan tempat-tempat yang sering terlewat. Bahkan jika tidak membawa sikat kuku, menyabuni dan menggosok kuku membuat gesekan yang membantu menghilangkan kotoran dan kuman. Jadi, gosoklah!

Tidak mengeringkan tangan

Jika mencuci tangan dengan saksama tetapi membiarkannya basah, kamu hanya melakukan setengah dari pekerjaan. CDC memperingatkan bahwa kuman dapat berpindah dengan mudah ke tangan yang basah. Jadi, pastikan untuk mengeringkan tanganmu sepenuhnya. Penelitian menunjukkan bahwa mengeringkan tangan dengan kain bersih atau membiarkannya mengering sebelum menyentuh sesuatu adalah dua metode yang paling efektif.

Menyentuh gagang pintu atau keran yang berkuman segera setelah mencuci tangan

Untuk menghindari kuman di tanganmu yang baru saja dicuci ketika menggunakan kamar mandi umum, cobalah menggunakan handuk kertas atau tisu untuk mematikan keran dan membuka pintu dengan sikumu. Kamu juga harus mendesinfektan bagian-bagian rumah secara teratur, seperti gagang pintu dan keran yang paling sering digunakan.

Penulis: Rafinda

#ChangeMaker

;
Loading