Sukses

Lifestyle

Di Rumah Saja, Ini yang Harus Dilakukan Saat Tubuh Kurang Sehat di Tengah Pandemi Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Virus corona atau Covid-19 menjadi pandemi. Setelah sejumlah negara menerapkan lockdown untuk meminimalisir penyebarannya, kini giliran Indonesia yang memberi himbauan tentang gerakan #YukDirumahSaja. Hingga saat ini, Selasa (17/3/2020) Indonesia belum mengumumkan lockdown.

Namun pemerintah menyarankan untuk membatasi aktivitas dengan belajar di rumah, bekerja di rumah, dan beribadah di rumah. Hal ini sebagai langkah untuk mencegah penyebran virus corona yang penyebarannya terjadi sangat cepat. Di rumah saja bukan berarti kamu bebas dari segala penyakit, tapi bisa saja kamu mengalami gejala tubuh yang tidak fit, alis kurang sehat.

Lewat akun Instagram @Kemenkes-ri, sosialisasi mengenai isolasi di rumah saat tubuh sedang kurang sehat sudah dipaparkan. Demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan sesak nafas, masuk ke dalam kriteria kurang sehat. Lalu apa yang harus dilakukan di saat kamu merasa kurang sehat di rumah?

Yang harus dilakukan di rumah saat tubuh kurang sehat

1. Gunakan Masker

Pakai masker di saat tubuh merasa kurang sehat dan jangan lupa untuk menggantinya setiap hari. Jika sudah dipakai, buang ke tempat sampah tertutup, dan cuci tangan.

2. Perhatikan asupan bergizi

Jangan lupa untuk penuhi nutrisi tubuh dengan konsumsi gizi seimbang dan makanan dengan kandungan nutrisi vtamin A, B, D , E, zinc, dan asam folat. Dengan gizi seimbang, imunitas tubuh juga akan lebih baik.

3. Isolasi diri

Ya, saat tubuh kurang sehat maka usahakan untuk berda di ruangan terpisah dengan anggota keluarga lain. Jaga jarak dengan orang sehat minimal 1 meter.

Yang harus dilakukan di rumah saat tubuh kurang sehat

4. Pisah peralatan makan

Jangan lupa untuk memisahkan peralatan makan (piring, sendok, garpu, dan gelas). Cuci alat makan dengan air dan sabun.

5. Jaga kebersihan rumah

Rajin-rajin semprotkan cairan desinfektan di rumah, setidaknya pagi dan sore hari. Cara ini efektif untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit.

6. Hubungi fasilitas kesehatan

Di saat kondisi memburuk, maka hubungi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Dengan langkan di atas, maka kamu bisa meminimalisir penularan virus corona, atau Covid-19.

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Langkah Menkes Mengantisipasi Lonjakan Kasus COVID-19 Pasca Idul Fitri 1442 H
Artikel Selanjutnya
Dites Secara Acak Lebih dari 4000 Pemudik Positif COVID-19