Sukses

Lifestyle

Makanan Untuk Menjaga Hormon Tetap Seimbang

Fimela.com, Jakarta Ketika kamu membahas hormon, tentu itu sangat berkitan dengan stres, pencernaan, metabolisme, kulit, dan juga fungsi otak. Maka dari itu, penting untuk kamu menjaga hormon agar tetap seimbang. Ada banyak makan yang dapat berfungsi menjaga keseimbangan hormon.

Menurut Erika Schwartz, MD, penulis The New Hormone Solution, hal yang juga perlu kamu lakukan adalah mengurangi makanan yang merusak keseimbangan hormon kamu seperti makanan olahan, gula, alkohol, kafein, dan lemak hewani jenuh.

Dilansir dari realsimple.com, berikut adalah beberapa makanan yang dapat mendorong produksi hormon. Semua makanan ini juga memfasilitasi pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam usus kamu.

1. Makanan kaya Omega-3

Makanan yang kaya akan omega 3 adalah kacang kenari, salmon, minyak zaitun, biji chia, dan masih banyak lagi. Omega-3 membantu menurunkan kolesterol, meningkatkan daya ingat, meningkatkan suasana hati kita, dan mengurangi peradangan.

2. Alpukat

Alpukat mengandung beta-sitosterol, magnesium, vitamin E dan Vitamin B. Ini akan secara alami menurunkan hormon stres pada tubuh kamu. Selain itu, alpukat juga dapat menurunkan kadar kolestrol kamu. 

Makanan sehat agar hormon seimbang

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau dapat membantu melawan peradangan dan menurunkan kadar kortisol sehingga mengurangi dehidrasi pada tubuh. Sayuran hijau juga meningkatkan zat besi, meningkatkan energi, dan bertindak sebagai antioksidan alami.

4. Kelapa, biji bunga matahari, dan biji labu

Semua makanan ini mengandung MCT atau trigliserida rantai sedang. MCT dapat meningkatkan pengaturan gula darah, metabolisme tubuh, dan tentunya menjaga hormon agar tetap seimbang.

5. Kunyit

Kunyit adalah salah satu agen antiinflamasi yang paling terkenal sangat baik untuk membantu tubuh kamu secara alami mencapai kadar hormon yang seimbang.

Penulis: Zhafira Majdina

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Destinasi Liburan Paling Romantis di Dunia
Artikel Selanjutnya
Mengubah Penampilan Sesuai Kata Hati Bukanlah Tindakan Egois