Sukses

Lifestyle

Pemerintah Indonesia Gunakan Whatsapp untuk Sebar Informasi Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Setelah sebelumnya akan menyebarkan informasi virus corona melalui sebaran SMS, kini pemerintah memanfaatkan Whatsapp untuk membagikan informasi tersebut.

Bekerja sama dengan Whatsapp dan operator seluler, pemerintah Indonesia pun akan menggunakan akun chatbot Whatsapp bernama covid19.co.id. Sebelum menyebarkan informasi ke publik, masyarakat akan menerima sebuah formulir terlebih dahulu untuk menanyakan kesediaan menerima pesan blast seputar virus corona.

"WhatsApp memberikan komitmen kebijakan khusus kepada Indonesia untuk menyalurkan pesan blast terkait pandemi Covid-19. Kami akan menyediakan form bagi publik yang bersedia menerima pesan blast," kata Menkominfo Johnny G. Plate, Kamis (19/3/2020) sore, mengutip dari Liputan6.com.

Whatsapp sendiri hanya memberikan kebijakan ini secara ekslusif kepada Indonesia dan Singapura. Chatbot dan pesan blast di Whatsapp ini akan mulai diujicobakan pada Jumat (20/3/2020) sore atau malam.

 

Rekomendasi kesehatan yang akurat

Johnny sendiri menegaskan akun chatbot terkait informasi resmi pemerintah soal virus corona hanya ada di Whatsapp. Tidak ada di aplikasi lain seperti Telegram.

Chatbot Whatsapp ini gratis dan memang dirancang untuk menjawab pertanyaan masyarakat seputar COVID-19. Selain itu layanan ini juga akan memberikan saran dan tips sederhana untuk mencegah dan melindungi penyebaran virus corona.

"Dalam kondisi penuh kewaspadaan seperti saat ini, banyak orang yang mengandalkan WhatsApp untuk tetap terhubung dan memberikan dukungan kepada teman, keluarga, dan orang-orang sekitar mereka," ujar Chief Operating Officer WhatsApp, Matt Idema dalam keterangan tertulis.

Matt sendiri mengklaim bahwa rekomendasi kesehatan yang dibagikan melalui akun ini dapat diandalkan dan akurat. DAMCorp menjadi pihak yang terlibat untuk membantu menjalin komunikasi dengan pelanggan mereka.

 

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading