Sukses

Lifestyle

Google Tampilkan Doodle Ignaz Semmelweis, Pelopor Cuci Tangan yang Kini Jadi Kebiasaan Sehat

Fimela.com, Jakarta Jika Sahabat Fimela melihat tampilan doodle Google hari ini, mungkin menemukan ada yang unik. Ada gambar bapak-bapak berkumis lengkap dengan gambar bergerak mencuci tangan. Setelah diklik, gambar ini menunjukkan nama Ignaz Semmelweis. Siapakah sebenarnya dia?

Ignaz Semmelweis adalah seorang dokter asal Hongaria kelahiran 1 Juli 1818 yang menjadi orang pertama pencetus kebiasaan sehat mencuci tangan. Dikutip dari Wikipedia, ia dijuluki sebagai "penyelamat ibu-ibu" karena ia menemukan cara mengurangi kemungkinan terjadinya demam puerperal secara drastis dengan melakukan disinfeksi tangan di klinik obstetri.

Ketika ia mengawali karirnya di Rumah Sakit Umum Wina pada pertengahan abad ke-19, infeksi misterius yang dikenal sebagai "demam anak" menimbulkan angka kematian tinggi pada ibu-ibu yang baru melahirkan di seluruh Eropa. Ia menemukan penyebab bahwa para dokter secara tak sengaja mengirimkan materi infeksius melalui tangan mereka, sebelum melakukan operasi dan autopsi kepada ibu yang rentan.

Oleh karena itu, dokter Semmelweis mengusulkan agar dokter mencuci tangan dengan larutan kapur yang terklorinasi, sayangnya komunitas kedokteran saat itu menolak usulan ini dan tidak menerimanya secara medis.

Namun pada akhirnya usulan ini diakui setelah ilmuwan Prancis, Louis Pasteur, berhasil membuktikan kebenaran teori kuman, dan Joseph Lister seorang dokter bedah dari Inggris, melakukan metode cuci tangan saat melakukan operasi. Ia bahkan berterima kasih terhadap ide Semmelweis.

Jadi dari situlah kebiasaan mencuci tangan kemudian diterapkan. Meski tampak sederhana ternyata penemuan besar ini mampu mengubah tingkat kesehatan masyarakat. Jangan lupa membiasakan menjaga kebersihan dengan mencuci tangan juga ya ladies.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading