Sukses

Lifestyle

Pengeluaran Harian yang Bisa Dipangkas jadi Tabungan Selama WFH

Fimela.com, Jakarta WFH atau work from home selama 14 hari tengah dijalani sebagian besar para pekerja. WFH dilakukan untuk mengurangi tingkat penyebaran virus corona atau Covid-19.

Saat bekerja dari rumah, kita juga ikut mengurangi pengeluaran dan menghemat waktu. Melansir dari doughroller.net berikut pengeluaran rutin yang bisa disimpan selama masa WFH. 

Transportasi 

Naik kendaraan pribadi atau transportasi umum sama-sama membutuhkan ongkos. Maka saat kamu bekerja dirumah, berarti akan memangkas pengeluaran tersebut.

Tidak sulit untuk mengetahui seberapa banyak kamu bisa menghemat transportasi dengan bekerja dari rumah. Periksa pengeluaran dalam kategori ini dalam beberapa bulan terakhir seperti uang bensin, perawatan kendaraan, transportasi umum, parkir, dan tol. Tentu, kamu bisa memotong sebagian besar pengeluaran itu.

 

 

Makanan

Banyak dari kita yang memilih makan siang di luar disertai ngopi bersama teman-teman kantor. Jika kamu bekerja di rumah, ada pilihan untuk makan masakan rumah atau memasak sendiri yang seharusnya bisa jadi lebih hemat.

Bahkan jika kamu memasak banyak, bisa kembali dimakan untuk keesokan harinya. Sementara untuk kopi, masih ada opsi untuk membuatnya sendiri.

Nah, kita bisa menghitung dan membandingkan total keduanya, dan kamu akan melihat berapa banyak perbedaannya. Dengan bekerja dirumah bahkan kamu bisa menghemat hingga 75 persen.

 

 

Biaya perawatan anak

Sulit untuk bekerja sambil mengasuh anak seharian. Mungkin mustahil jika anak yang belum cukup umur untuk bisa mandiri tanpa adanya pemantauan.

Itu sebabnya beberapa keluarga memilih untuk membayar penitipan anak atau menyewa jas perawat anak untuk membantu menjaga selama dua atau tiga hari dalam seminggu. Tetapi dengan bekerja dirumah, kita dapat menghemat pengeluaran ini karena meski bekerja kita punya banyak waktu merawat anak.

 

Mengganti kebiasaan "Me Time"

 

Kebiasaan short getaway atau liburan panjang juga menyedot tabungan. Selama masa isolasi, kita bisa berhemat karena larangan perjalanan ke luar negeri.

Ini adalah kesempatan besar untuk dapat menghemat dalam jangka panjang. Menggunakan waktu luang dengan bijak bisa membuat kamu lebih bahagia sekaligus menabung.

Misalnya, kamu dapat melakukan hal-hal yang jarang dilakukan saat bekerja seperti memasak, melakukan pekerjaan rumah sendiri, menyelesaikan renovasi rumah DIY, atau mendokorasi ulang rumah sampai mengambil kelas-kelas privat sesuai dengan hobi atau minat untuk meningkatkan keterampilan.

(Iffah Nurahmah)

Simak video berikut ini

#ChangeMaker 

Loading
Artikel Selanjutnya
Bukan Direbus, Ini Cara Buat Minuman dari Herbal untuk Cegah Virus Corona
Artikel Selanjutnya
Cara Menjaga Makan Saat Bekerja dari Rumah