Sukses

Lifestyle

Hentikan Perilaku Negatif Membandingkan Diri dengan Orang lain

Fimela.com, Jakarta Hampir setiap perempuan, pasti pernah membandingkan dirinya sendiri dengan orang lain. Entah itu membandingkan ukuran tubuh, rambut, kepribadian, pakaian, keberhasilan, atau hal-hal lain. Membandingkan diri dengan orang lain telah terbukti menjadi bagian dari perilaku negatif dalam keseharian kita.

Bagi kebanyakan perempuan, mereka melakukan ini secara tidak sadar. Hal ini dikarenakan oleh sifat manusia untuk memperhatikan perbedaan antara diri sendiri dan orang lain, terutama ketika kamu menganggap orang itu berada dalam posisi yang lebih baik.

Perbandingan itu masuk dalam perilaku negatif dan berakar pada kecemburuan. Kamu terlalu fokus pada hal-hal yang tidak penting dan membuat diri sendiri lebih cemburu, merasa iri, dan tidak puas karenanya. Dengan membanding-bandingkan, kamu menghalangi kemampuan untuk tumbuh, menghentikan diri dari perkembangan, dan mencegah diri dari kebahagiaan.

Perlu diketahui bahwa betapa pentingnya untuk fokus menjadi yang terbaik yang bisa kamu lakukan tanpa terlalu memikirkan orang lain. Melansir dari yourtango.com, berikut berbagai alasan mengapa kamu seharusnya tidak pernah membandingkan diri dengan orang lain dan menghindari perilaku negatif ini.

Menurunkan rasa kepercayaan diri

Ketika membandingkan diri dengan orang lain, kamu menumbuhkan aura negatif dalam diri, Tidak berpikir bahwa diri sendiri cukup baik, membuat rasa percaya diri luntur. Realisasi ini hanya meningkat setelah berulang kali melihat orang lain untuk menentukan bagaimana hal-hal yang seharusnya terjadi dalam hidupmu. Kamu menemukan diri berkubang dalam energi negatif ini. Sebelum menyadarinya, kamu akan mentransfer energi ini ke orang lain. Untuk membuat diri merasa lebih baik, kamu mulai menunjukkan rasa insecure pada orang lain. Dengan melakukan hal ini akan membawa tingkat kenyamanan tertentu karena memungkinkan kamu untuk melihat bahwa orang lain juga tidak memiliki semuanya.

Sadarilah, hal ini akan tidak adil bagi orang lain hanya karena kamu tidak dapat menerima diri sendiri. Mereka tidak dapat membantu bahwa ketika melihatnya, kamu melihat sesuatu yang ingin diubah tentang diri sendiri. Kamu harus mengangkat orang lain, bukan menghancurkannya. Jika tidak ada upaya aktif yang dilakukan untuk berhenti membandingkan diri kita dengan orang lain, maka lingkaran negatif ini terus bertambah buruk.

Rasa Iri

Tidak menyenangkan berada di dekat seseorang yang iri denganmu. Kamu akan menemukan bahwa hubungan dengan orang lain akan mulai berantakan saat terus membandingkan diri. Seharusnya kita merangkul perbedaan dengan rasa bahagia bersama untuk mencapai kesuksesan. Sulit untuk melakukannya ketika kamu tidak berada di tempat yang diinginkan. Kamu akan menemukan bahwa menjadi iri membuat lebih tidak bahagia.

Dengan membuang-buang waktu karena tidak bahagia dengan kesuksesan orang lain, kamu juga menghilangkan kebahagiaannya. Dia tidak lagi ingin berbagi prestasinya denganmu. Menjadi perempuan yang cemburu juga menyoroti kurangnya kepercayaan diri. Kamu bukan orang yang paling percaya diri dan berupaya meningkatkannya dengan cara sendiri dan waktu sendiri. Namun, begitu orang lain mulai mengenali ini, itu hanya memperburuk keadaan. Kamu sekarang telah memberi mereka kemampuan untuk mengingatkan tentang kekuranganmu, sesuatu yang sudah dikalahkan. Hal ini hanya akan membuat kamu tertekan.

 

Seputar Kepuasan Batin

Ketika membandingkan diri dengan orang lain, kamu memilih untuk tidak bahagia. Akan selalu ada orang yang melakukannya lebih baik, sehingga kamu akan selalu menginginkan yang lebih. Kamu akan menjadi gila berusaha sangat keras untuk mendapatkan sesuatu yang mungkin tidak dimaksudkan untukmu. Jika terus membandingkan diri sendiri maka akan kehilangan kendali atas hidupmu sendiri dan kemampuan untuk mengubah keadaan. Semakin kamu memberi tahu diri sendiri bahwa tidak cukup memiliki, semakin besar kemungkinan hal itu akan menjadi kenyataan.

Meskipun kamu mungkin tidak berada tepat di tempat yang diinginkan dalam hidup, berbanggalah. Dengan ini akan menambah kebahagiaan dan memungkinkan kamu untuk kurang fokus pada orang lain dan lebih banyak melakukan segala yang hal untuk mencapai tujuan diri sendiri. Kamu akan puas dengan diri sendiri dan keputusan yang sudah dibuat.

Kamu akan menyelamatkan diri dari kesakitan karena mulai tidak hanya menyadari tetapi menerima bahwa membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya akan membahayakan diri. Kamu akan memiliki sikap negatif ketika menempatkan harapan yang tidak realistis pada diri sendiri. Kamu hanya bisa menjadi diri sendiri dan tidak ada yang salah dengan itu.

Penulis: Finda

#changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Ratusan Ribu Rapid Test Didistribusikan, Ini Prioritas Orang yang Harus Mendapatkannya
Artikel Selanjutnya
Pengeluaran Harian yang Bisa Dipangkas jadi Tabungan Selama WFH