Sukses

Lifestyle

Hempaskan Rasa Iri Hati yang Kerap Menghantui dengan Cara Praktis

Fimela.com, Jakarta Pada awalnya, kamu mungkin tidak selalu melihatnya atau mungkin menyangkal keberadaannya. Ya, semua orang pernah merasa iri hati dan cemburu pada sesuatu dalam kehidupan orang lain. Kecemburuan dan iri bukan hal yang menyenangkan untuk dilalui dalam kehidupan.

Kecemburuan dan iri adalah perasaan yang tidak sering kamu akui. Jadi, bagaimana cara mengatasinya? Dilansir dari yourtango.com, berikut cara yang dilakukan orang-orang pintar dan produktif mengatasi hadir nya rasa iri hati dan kecemburuan.

Memahami bahwa penampilan mungkin menipu

Memang, rumput tetangga selalu lebih hijau, tetapi hanya karena seseorang terlihat seperti memiliki semuanya belum tentu pada kenyataannya. Kita sering merasa iri dengan kesuksesan atau perjalanan hidup orang lain.

"Mengapa mereka lebih sukses dariku? Mengapa semuanya tampak berhasil bagi mereka? Mereka tidak berusaha sekeras aku,"

Kamu dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini tanpa menyadari atau mengakui potensi perjuangan yang telah dilalui orang tersebut jauh sebelum mencapai kesuksesan. Kamu tidak tahu apa yang sedang dialami orang lain dan wajah yang mereka perlihatkan kepada dunia mungkin tidak sepenuhnya benar.

Atasi gejolak emosi

Rasa iri hati dan kecemburuan sering muncul saat emosi bergejolak. Kecemburuan dan rasa iri seringkali merupakan emosi impulsif. Kecemburuan dan rasa iri datang tiba-tiba dan kita sering tidak menyadari kehadirannya.

Sangat penting untuk mempertahankan kepala yang datar dan mencoba untuk melawan keinginan menyerah. Rasionalkan perasaan dan pastikan kamu tidak hanya lepas kendali dengan keputusan yang telah dibuat.

Atasi, jangan diabaikan

Kenali rasa iri hati dan cemburu, setidaknya akui kehadirannya. Jadi, lain kali perhatikan seseorang mengatakan atau melakukan sesuatu yang sedikit mengganggumu. Cukup dengan mengakui perasaan itu dapat membantu kamu memutuskan apakah akan mengejar atau melepaskannya.

Setiap orang memiliki pemicu yang mengganggu mereka tetapi akan sangat membantu untuk mengetahui apa milikmu sehingga dapat mengatakan pada diri sendiri. Dengan mengakui saat-saat cemburu, kamu mungkin bahkan mulai mengenali suatu pola dalam perilaku dan mengidentifikasi bidang-bidang dalam hidup yang dirasa kurang.

 

Gunakan untuk keuntunganmu

Seringkali apa yang membuat kita iri hati pada orang lain sebenarnya adalah cerminan dari apa yang sebenarnya diinginkan dalam diri. Mungkin kita terlalu malu atau tidak yakin harus mulai dari mana. Banyak artikel menunjuk pada ketakutan atau kecemasan sebagai akar penyebab kecemburuan.

Sementara itu benar dalam beberapa kasus, bahwa perubahan atau pertumbuhan dimulai di tempat yang tidak nyaman. Tidak apa-apa untuk merasa takut atau cemas tentang apa yang kamu tidak mengerti atau meninggalkan zona nyaman dan perasaan iri telah mengkonfirmasi betapa tidak nyamannya tidak mengetahui sesuatu atau bagaimana cara untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan.

 

Penulis: Finda

#changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Hentikan Perilaku Negatif Membandingkan Diri dengan Orang lain
Artikel Selanjutnya
Ratusan Ribu Rapid Test Didistribusikan, Ini Prioritas Orang yang Harus Mendapatkannya