Sukses

Lifestyle

Tips Mendapat Pekerjaan saat Pandemi Corona bagi Freelancer

Fimela.com, Jakarta Tidak sedikit masyarakat yang cemas akan berkurangnya penghasilan di tengah merebaknya Covid-19 (Virus Corona). Pasalnya, sebagian perusahaan yang kena imbas dengan penurunan omzet terpaksa merumahkan karyawannya, menerapkan unpaid leave (cuti tanpa digaji) bahkan tidak sedikit yang memberhentikan karyawannya. Begitu pula yang dihadapi oleh Mahasiswa, mereka pasti merasa bosan ketika sekarang harus mengikuti kelas dari rumah.

Seperti rilis yang diterima Fimela dari TopKarir 920/03) Bayu Janitra CEO TopKarir memberikan tips bagi anak muda yang ingin tetap produktif dan memiliki penghasilan tanpa harus keluar dari rumah, yakni dengan menjadi freelancer atau pekerja lepas.

“Saat ini banyak perusahaan yang membuka kesempatan bagi para freelancer. Biasanya mereka membuka kesempatan sesuai dengan project yang sedang berlangsung. Di era yang serba teknologi ini, hanya dengan bermodal kuota internet dan gadget, semua bisa tambah penghasilan dengan menjadi Freelancer,” ujar Bayu.

Tips untuk Freelancer

Buat CV yang Menarik

Buat CV yang menarik, tunjukkan latar belakang pendidikan dan skill yang kamu miliki. Jangan lupa kumpulkan portofolio hasil karyamu, sebagai contoh bagi para pemberi kerja atau pemilik Project. Jangan lupa selalu update jika ada portofolio baru.

Berhati-hati saat Memilih Project

Bayu menambahkan, jurus kedua cari atau dapatkan pekerjaan dari pemberi kerja yang terpercaya, jangan asal terima dan kerjakan project tanpa ada kejelasan. Kamu bisa temukan project yang sesuai dengan keahlianmu dari website atau aplikasi yang terpercaya.

Miliki Tanggung Jawab dan Komitmen

Saat memetuskan menerima satu project jangan lupa selalu berkomitmen dan tanggung jawab terhadap pekerjaan atau project yang kamu ambil. Bayu menjelaskan, sebagai freelancer kamu akan memiliki reputasi yang baik jika kamu selalu mengerjakan tugas sesuai dengan ketentuan dan arahan dari pemberi project. Bayu memberi bocoran, kadang pemberi pekerjaan akan merekomendasikan freelancer untuk mengerjakan project lainnya.

Terus Melatih Kemampuan

Jurus keempat ini penting, jangan sampai karena sibuk mencari penghasilan, para freelancer lupa untuk mengupgrade skill penunjang karirnya. Banyak lembaga pelatihan dan sertifikasi yang bisa kamu pilih, TopKarir juga sudah menyediakan kanal khusus pelatihan dan sertifikasi dari berbagai bidang.

Jangan Malu untuk Belajar

Jurus yang kelima, jangan segan untuk berkonsultasi dengan orang-orang yang memiliki keahlian sesuai dengan bidang yang kamu geluti. Bayu menyarankan, ketimbang curhat di sosial media yang belum tentu kamu bisa mendapat solusi yang tepat, kamu bisa dapatkan saran dari orang-orang yang memang expert.

Bagaimana, sudah siap untuk sukses bersama? Semoga bermanfaat.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading