Sukses

Lifestyle

Manfaat Hari Raya Nyepi untuk Jiwa Raga dan Alam Semesta

Fimela.com, Jakarta Hari Raya Nyepi menjadi hari penting bagi untuk umat Hindu. Pada hari besar ini, biasanya sejumlah rangkaian dilakukan, mulai dari upacara Melasti yang bertujuan untuk membersihkan diri dari segala kotoran, baik badan maupun pikiran.

Ada juga upacara Tawur Agung yang merupakan ritual suci sebelum Hari Raya nyepi yang bertujuan untuk menyucikan alam semerta beserta isinya dan meningkatkan hubungan kemanusiaan yang harmonis antara manusia, alam, dan Tuhan. Upacara ogoh-ogoh, hingga melangsungkan Nyepi yang dilksanakan selama 24 jam.

Dimulai pada pukul 06.00 pagi hingga 06.00 pagi keesokan harinya, maka umat Hindu memiliki empat pantangan yakni tidak boleh menyalakan api baik fisik ataupun api dalam diri, tidak boleh bekerja dan berktivitas kecli untuk berdoa, tidak boleh bepergian, dan tidak boleh bersenang-senang.

Di tengah pandemi virus corona seperti sekarang ini, tentu Hari Raya Nyepi adalah salah satu wujud social distancing yang bisa diterapkan oleh siapapun. Manfaatnya juga sangat banyak, penasaran apa saja?

Manfaat Hari Raya Nyepi dalam kehidupan

1. Momentum untuk refleksi diri

Saat Hari Raya Nyepi, kita diwajibkan untuk diam di rumah dengan membatasi aktivitas tanpa melanggar pantangan. Momentum ini bisa digunakan sebagai kesempatan untuk refleksi diri, melihat apa yang harus diperbaiki untuk kehidupan yang lebih baik. Cara ini tentu akan membuat diri kamu menjadi orang yang semakin positif ke depannya.

2. Kesempatan menenangkan diri

Di tengah terpaan wabah virus coron, tentu membuat banyak orang merasa tertekan hingga stres. Hal ini tidak baik bagi kesehatan. Jadikan kesempatan ini sebagai wkatu untuk menenangkan diri dengan bermeditasi, hingga beribadah.

3. Mengurangi polusi lingkungan

Berdiam diri berarti kita mengurangi penggunaan bahan bakar yang dapat mencemari lingkungan. Oleh sebab itu, saat Hari Raya Nyepi, tentunya akan mengurangi polusi secara signifikan.

4. Kesemptan kumpul bersama keluarga

Jika sehari-hari kita terlalu sibuk dengan aktivitas yang ada, waktu berkumpul bersama keluarga tentu kesempatan yang langka. Hari Raya Nyepi membuat kita memiliki waktu berkualitas di rumah tanpa harus khawatir dengan aktivitas yang menanti.

 

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
The Body Shop Donasi Alat Pelindung Diri dan Buka Penggalangan Dana
Artikel Selanjutnya
3 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Peringati Nyepi 2020 di Tengah Pandemi Virus Corona