Sukses

Lifestyle

Cara Tepat untuk Mencuci Buah dan Sayur dengan Benar

Fimela.com, Jakarta Saat dunia memerangi pandemi global COVID-19, mempraktikkan keamanan pangan dan protokol penanganan yang tepat menjadi sangat penting. Meskipun FDA mengatakan bahwa tidak ada bukti makanan atau kemasannya terkait dengan transmisi COVID-19, sekitar 48 juta orang sakit oleh makanan yang terkontaminasi setiap tahun.

Meskipun sudah menjadi rahasia umum bahwa seseorang harus mencuci tangan dan permukaan dengan saksama setelah menangani unggas atau daging, sebagian besar tidak menyadari bahwa mencuci produk sama pentingnya untuk menghindari kontaminasi silang dan penyakit bawaan makanan.

Pelajari cara menjaga keamanan keluargamu dengan langkah-langkah sederhana ini untuk memastikan buah dan sayuran sebersih mungkin sebelum mengkonsumsinya selama waktu ekstra hati-hati dan kebersihan ini. Berikut penjelasan lengkapnya yang dilansir dari self.com.

Latih empat langkah kunci keamanan pangan (bersihkan, pisahkan, masak, dan dinginkan)

Kamu harus selalu berlatih empat langkah keamanan pangan yang mudah ini untuk memastikan makanan aman untuk dikonsumsi.

Cara membersihkan buah dan sayur yang benar

1. Cuci tangan

Saat menyiapkan makanan, sangat penting untuk selalu mencuci tangan selama 20 detik dengan air mengalir dan sabun sebelum dan setelah mencuci produk segar.

2. Pastikan untuk membersihkan area yang akan digunakan

Dapur, pisau, dan talenan, harus dibersihkan sebelum mulai membersihkan sayur dan buah. Selain itu, pisahkan produk, unggas, daging, makanan laut, dan telur saat memasak untuk menghindari kontaminasi silang.

3. Periksa produk dari kerusakan

Periksa buah dan sayuran di toko dan beli barang-barang yang tidak tampak memar atau rusak. Jika kamu melihat bagian yang penyok sedikit, cukup potong bagian tersebut. Selain itu, penting untuk membuang daun terluar dari selada atau kol untuk mengurangi risiko kontaminasi. Pastikan untuk membuang dan tidak pernah mengkonsumsi produk yang terlihat busuk.

4. Bilas buah dan sayuran sebelum dipotong

Pastikan untuk mencuci produk Anda secara menyeluruh di bawah air mengalir sebelum dimakan atau disiapkan. Penting untuk dibilas sebelumnya untuk menghindari kotoran atau bakteri yang akan menempel pada pisau atau permukaan station dapur. FDA tidak merekomendasikan mencuci buah-buahan dan sayuran Anda dengan sabun atau deterjen karena dapat meninggalkan residu tambahan.

5. Keringkan buah dan sayuran dengan handuk bersih

Setelah mencuci, hindari mengkontaminasi ulang buah atau sayuran dan keringkan dengan handuk kain yang bersih atau handuk kertas sekali pakai untuk mengurangi risiko penularan bakteri atau virus dari permukaan yang kotor ke buah atau sayuranmu.

6. Simpan buah dan sayuran bersih di tempat yang aman

Sekarang setelah kamu berhasil membersihkan buah dan sayuran dengan benar, pastikan untuk menyimpan atau mendinginkan barang-barang pada suhu 40 ° F atau di bawahnya jika tidak akan langsung memakannya. Terakhir, pastikan produk bersih tidak berisiko untuk kontaminasi ulang dan cuci lagi jika kamu curiga telah terpapar kembali dengan patogen berbahaya sebelum dimakan.

Penulis: Rafinda

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading