Sukses

Lifestyle

Bisa Mencegah Penularan Covid-19, Inilah 4 Jenis Empon Empon yang Biasa Digunakan Beserta Cara Membuatnya

Fimela.com, Jakarta Empon empon bagi sebagian besar masyarakat pasti masih terdengar asing dibandingkan dengan istilah rempah-rempah. Empon empon juga tidak sama dengan rempah-rempah, mereka memiliki perbedaan kontras walaupun sama-sama biasa dimanfaatkan sebagai ramuan untuk jamu-jamuan.

Empon empon merupakan sebutan masyarakat Jawa untuk kelompok tanaman akar tinggal atau rimpang. Sebagai kelompok tanaman rimpang, empon empon sering dimanfaatkan untuk menjadi ramuan tradisional atau jamu.

Sedangkan rempah-rempah adalah beragam jenis tanaman yang biasanya dimanfaatkan karena memiliki aroma dan cita rasa khas pada makanan ataupun minuman. Tanaman yang termasuk sebagai rempah adalah cengkih, lada, pala, dan lain sebagainya. Manfaat utamanya adalah menyedapkan masakan.

Kini empon empon menjadi minuman yang diburu banyak orang karena dapat mencegah penularan Covid-19. Minuman yang terkenal dengan sebutan ‘Jamu Jokowi’ ini mulai viral ketika beredar berita bahwa Presiden Jokowi sering menkonsumsinya bahkan mengganti suguhan para tamunya dengan empon empon, dilansir dari Liputan6.com.

Khasiat dari empon empon dipercaya dapat mencegah penularan Covid-19 karena minuman ini dapat meningkatkan dan menjaga sistem imunitas tubuh. Tidak heran mengapa kini orang-orang banyak memburu dan mengkonsumsinya. Buat kamu yang masih penasaran, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 4 jenis empon empon yang biasa digunakan beserta cara membuatnya. Simak penjelasan berikut.

Kunyit

Jenis empon empon yang biasa digunakan adalah kunyit, karena ia diketahui memiliki manfaat anti-oksidan yang berguna untuk tubuh. Anti-oksidan yang terkandung dalam kunyit sudah terbukti dapat mengatasi radikal bebas yang menjadi penyebab munculnya sel kanker.

Kandungan utamanya, yakni Kurkuminoid juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh . Salah satu contoh manfaatnya adalah bisa dijadikan sebagai obat peradangan dan mampu mencegah poliferasi sel kanker. Oleh karena itu, kunyit sering disebut juga sebagai tanaman anti kanker atau anti tumor.

Temulawak

Selanjutnya, jenis empon empon yang biasa digunakan untuk membuat jamu-jamuan adalah temulawak. Tanaman yang tampak mirip dengan kunyit ini merupakan tanaman asli Indonesia. Tanaman ini memiliki nama lain Curcuma xanthorrhiza dan berwarna kuning muda.

Sebagai salah satu jenis empon empon, temulawak dikenal sebagai tanaman yang mampu membuat tubuh menjadi bugar. Kandungan yang dimiliki oleh temulawak sangat banyak diantaranya, kurkumin, protein, magnesium, kalium, dan zat besi.

Temulawak juga mampu mengatasi masalah sistem pencernaan dalam tubuh, hingga mengobati kanker. Oleh karenanya, temulawak sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin bagi mereka yang memiliki kesibukan tinggi agar tubuhnya tidak cepat merasa lelah.

Kencur

Kencur masuk kedalam salah satu jenis empon empon yang biasa digunakan untuk membuat jamu – jamuan. Tanaman yang memiliki nama latin Kaempferia Galanga L merupakan tanaman tropis yang dapat tumbuh diberbagai daerah di Indonesia, juga merupakan tanaman yang sering dipelihara dipekarangan rumah.

Manfaat utama kencur yakni, dapat melegakan pernapasan dan tenggorokan, apabila kamu terserang batuk, kencur juga bisa menjadi pilihan obat alami. Melihat salah satu gejala Covid-19 yang utamanya menyerang pernapasan, kencur tentu menjadi alternative alami terbaik untuk dijadikan obat maupun ramuan empon empon.

Jahe

Terakhir, jenis empon empon yang biasa digunakan ialah jahe. Semenjak dulu, jahe memang dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat dan sering dijadikan sebagai obat herbal alami dalam beberapa pengobatan.

Hal ini dikarenakan jahe mampu mencegah pertumbuhan dan mengatasi bakteri jahat yang ada didalam tubuh. Tanaman yang memiliki nama latin Zingiber Officinale juga termasuk rempah yang memiliki kandungan untuk meningkatkan imunitas sehingga orang yang mengkonsumsinya dapat terhindar dari penyakit seperti demam.

Selain untuk kesehatan, ternyata jahe juga memiliki kandungan anti-oksidan dan antiseptic yang berguna untuk kecantikan terutama mengatasi masalah jerawat. Akan tetapi, walaupun banyak memiliki khasiat, jahe tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena dapat mengganggu sistem pencernaan.

Cara Membuat Empon Empon

Cara membuat minuman empon empon sangat mudah dan praktis, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan keempat bahan empon empon yang telah dibahas sebelumnya yakni, jahe, temulawak, kencur, dan juga kunyit.

Setelah itu, keempat bahan tersebut digeprek hingga bentuknya menjadi pipih, kemudian keempat bahan tersebut direbus. Rebus sampai mendidih, lalu hidangkan. Agar rasa minuman lebih beraroma, kamu bisa menambahkan kayu manis atau gula aren kedalam minuman.

Selamat mencoba, dan selalu jaga kesehatan ya Sahabat Fimela!

;
Loading