Sukses

Lifestyle

Cara Menjaga Tempat Tidur Tetap Bersih dan Nyaman

Fimela.com, Jakarta Di tengah virus corona yang sedang mewabah ini, kamu mungkin lebih banyak menghabiskan waktu bersantai di tempat tidur atau bahkan kerja di tempat tidur. Namun, memperhatikan kebersihan kamar tidur adalah hal yang wajib dilakukan.

Kamu harus memastikan seprai dan selimut sebersih dan senyaman mungkin. Mulailah dengan kasur yang bebas debu dan tidak berbau. Setelah itu kamu juga harus memastikan bantal, meja dan juga barang-barang yang ada di kamar kamu rutin dibersihkan.

Melansir dari realsimple.com, berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kamar tidur khususnya tempat tidur kamu tetap bersih dan nyaman saat kamu sedang self quarantine.

 1. Membersihkan kasur

Tanpa kamu sadari, kasur akan mengumpulkan debu dan keringat sehingga menjadi penyebab bau tidak sedap. Untuk menyegarkannya, kamu dapat bersihkan bagian atas kasur dengan vakum. Kemudian, taburkan bagian atas kasur dengan lapisan baking soda dan diamkan 10 menit. Setelah itu, jangan lupa gunakan vakum untuk mengangkat residu baking soda.   

Cara Menjaga Tempat Tidur Tetap Bersih dan Nyaman

2. Mencuci sprei dan selimut

Penting untuk kamu mencuci seprai dan selimut secara teratur. Walaupun para ahli menyarankan mencuci seprai seminggu sekali, kamu mungkin ingin dapat melakukannya hingga dua kali seminggu jika memungkinkan. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kuman yang mungkin menumpuk di sprei kamu. Untuk mencuci selimut, mungkin kamu dapat melakukannya seminggu sekali.

3. Mencuci bantal dan guling

Setelah kamu mencuci seprei dan juga selimut, jangan lupakan untuk secara rutin mencuci bantal dan guling kamu. Sebagian besar bantal dan guling dapat dicuci dengan mesin. Tapi jangan lupa untuk memasstikan untuk memeriksa labelnya terlebih dahulu. Untuk mencegah jamur, pastikan bantal dan guling benar-benar kering sebelum dikeluarkan dari mesin.

4. Membuat semprotan linen

Di sela-sela pencucian biasa, gunakan semprotan linen beraroma ringan untuk memberi aroma segar pada seprai kamu. Jika kamu belum memiliki semprotan linen, cobalah untuk membuatnya sendiri. Dalam botol semprot, campurkan air suling, 1 sendok makan alkohol, dan 10 hingga 20 tetes minyak esensial seperti lavender yang dapat menenangkan. Setelah siap, kamu dapat menyemprotkannya di kasur, bantal, guling, sprei dan juga selimut kamu.

 Penulis: Zhafira Majdina

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading