Sukses

Lifestyle

Rekomendasi 7 Overnight Oatmeal untuk Menu Diet Selama Satu Minggu

Fimela.com, Jakarta Sarapan adalah rutinitas penting yang wajib dilakukan setiap pagi. Jika Sahabat Fimela melewatkan sarapan, tubuh akan menjadi lemah, karena kekurangan energi.

Seseorang yang sedang menjalani program diet, sangat dianjurkan untuk sarapan, sebagai bekal untuk melakukan olahraga dipagi hari. Sarapan harus dilakukan 2 jam sebelum berolahraga.

Menu diet untuk sarapan ada banyak variasinya. Bisa membuat jus buah, jus sayuran, makan buah pisang atau oatmeal.

Pengertian Overnight Oatmeal

Overnight oatmeal adalah makanan yang sangat populer bagi mereka yang sedang diet. Overnight oatmeal merupakan proses pemasakan oatmeal yang didiamkan semalaman di kulkas. Selain simpel untuk dijadikan sarapan, overnight oatmeal juga memiliki kandungan gizi dan serat yang tinggi.

Dilansir dari Harvard Health Publications, orang yang sedang menjalani program diet, dianjurkan untuk mengkonsumsi 30gram serat setiap hari. Hal ini dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

Bahan dasar oatmeal adalah gandum. Gandum memiliki kandungan nutrisi seperti karbohidrat, serat, protein, asam folat, mangan dan selenium. Seseorang yang mengkonsumsi gandum akan jarang terkena diabetes.

Karena oatmeal memiliki rasa yang terlalu hambar, maka pada artikel kali ini, Fimela akan membagikan rekomendasi 7 overnight oatmeal untuk menu diet selama satu minggu, yang dilansir dari channel youtube milik Yulia Baltschun:

Pink Overnight Oatmeal

Rekomendasi pertama adalah Pink Overnight Oatmeal. Oatmeal ini bisa kalian nikmati pada hari pertama diet. Warna pink didapatkan dari perpaduan strawberry dan susu. Strawberry memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.

Bahan yang harus disiapkan:

-          70 gram oatmeal

-          100 gram susu. Bagi yang sedang diet sangat dianjurkan menggunakan susu nabati, seperti susu almond atau susu kedelai.

-          1 sendok teh selai strawberry

-          50 gram buah strawberry

-          50 gram yoghurt plain atau rasa strawberry

-          1 sendok teh madu (opsional)

Cara membuatnya sangatlah mudah yaitu campurkan semua bahan, taruh didalam wadah dari kaca. Dan simpan semalaman di kulkas.

Kalau kalian tidak memiliki selai strawberry, lebih baik menumbuk strawberry untuk di jadikan selai. Dan sisa strawberrynya bisa dijadikan untuk topping.

 

Green Overnight Oatmeal

Tenang, green bukan berarti sayur kok. Green overnight oatmeal ini dibuat dari buah-buahan yang berwarna hijau. Buah yang digunakan untuk membuat warna hijau adalah alpukat dan. Alpukat merupakan karbohidrat yang baik. Kiwi memiliki kandungan vitamin C yang banyak. Kedua buah ini sangat cocok digunakan untuk diet.

Bahan yang digunakan:

-          70 gram oatmeal

-          100 gram susu kedelai

-          1 sendok teh madu

-          ½ lemon

-          20 gram chia seed

-          30 gram alpukat

-          50 gram kiwi

Cara pembuatannya kalian bisa menyiapkan mangkok, lalu hancurkan alpukat terlebih dahulu, dan tambahkan air lemon, agar alpukat tidak oksidasi. Kemudian campur dengan oatmeal, susu dan madu. Setelah semuanya tercampur, masukkan ke dalam jar, taruh kiwi di atas oatmeal dan taburkan chia seed sebagai toping. Dan masukkan ke dalam kulkas.

Blue Overnight Oatmeal

Dihari yang ketiga ini, kalian bisa membuat overnight oatmeal berwarna biru. Tentu saja warna birunya tidak mengandung pewarna buatan. Warna biru didapat dari bubuk bunga telanga dan bubuk spirulina biru. Kedua bahan ini memiliki manfaat yang bagus untuk menjaga daya tahan tubuh dan antioksidan.

Bahan yang dibutuhkan:

-          70 gram oatmeal

-          100 gram susu kedelai

-          1 sendok teh bubuk bunga telanga

-          1 sendok teh spirulina biru

-          50 gram yoghurt

-          1 sendok teh madu

-          20 gram chia seed

-          Granola

Cara membuatnya, campurkan bubuk telanga dan spirulina biru dengan susu. Kemudian setelah tercampur, masukkan semua bahan. Tambahkan toping chia seed dan granola. Lalu simpan di kulkas semalaman.

Kalau Sahabat Fimela kesusahan mencari bubuk biru, gunakanlah buah blueberry, dan tumbuk blueberry hingga menjadi selai.

Yellow Overnight Oatmeal

Warna kuning merupakan warna ceria. Warna yang cocok untuk membuat Sahabat Fimela semangat diet. Warna kuning didapatkan dari perpaduan buah nanas dan mangga. Kedua buah ini mampu menjaga kolesterol dalam tubuh.

Bahan yang diperlukan:

-          70 gram oatmeal

-          100 gram susu kedelai

-          50 gram mangga

-          50 gram nanas

-          20 gram bubuk coconut

Cara membuatnya, tumbuk setengah mangga dan setengah nanas. Lalu campur dengan susu dan bahan lainnya. Gunakan setengah mangga dan setengah nanas untuk topping.

Perlu diingat, buah mangga dan nanas memiliki kandungan gula yang lumayan tinggi. Kalau ingin menggunakan yoghurt, bahan susu harap dihilangkan, dan sebaliknya. Tidak perlu juga untuk menambahkan madu.

Purple Overnight Oatmeal

Warna ungu tidak susah didapatkan, jika kalian memiliki bubuk bunga telanga. Ketika membuat warna ungu, jangan membuatnya dengan pewarna buatan.

Bahan yang digunakan:

-          70 gram oatmeal

-          100 gram susu kedelai

-          15 gram bubuk almond

-          1 sendok teh bubuk bunga telanga

-          1 sendok teh madu

-          1 slice lemon

-          50 gram blackberry

Cara membuatnya, untuk mendapatkan warna ungu, campurkan bubuk telanga dengan air lemon. Zat asam pada lemon akan mengubah warna biru pada bunga telanga, menjadi warna ungu. Kemudian tumbuk setengah blackberry, untuk menambah warna ungu. Dan campurkan semua bahan. Gunakan sisa blackberry sebagai toping.

White Overnight Oatmeal

Pada umumnya oatmeal berwarna putih. Namun, oatmeal warna putih ini tidak akan terrasa hambar karena menggunakan pisang. Pisang merupakan makanan yang wajib dikonsumsi orang diet.

Bahan yang digunakan:

-          70gram oatmeal

-          100gram susu kelapa

-          50gram pisang

-          15 gram bubuk almond

-          15 gram coconut flakes

-          1 sendok teh vanilla

-          1 sendok teh madu

Cara pembuatannya, campurkan semua bahan. Gunakan pisang dan coconut flakes sebagai toping. Jangan lupa simpan di kulkas.

Choco Overnight Oatmeal

Hari ketujuh, pasti semua orang akan suka oatmeal yang satu ini. Karena rasanya coklat. Ternyata coklat juga bagus untuk diet. Namun, dianjurkan menggunakan dark coklat agar kandungan gulanya rendah.

Bahan yang digunakan:

-          70gram oatmeal

-          100gram susu kedelai

-          20 gram dark coklat

-          30 gram pisang

-          5 gram almond

-          1 sendok teh cocoa powder

-          1 sendok teh vanilla

-          1 sendok teh madu

Cara penggunaannya, campurkan semua bahan. Untuk topingnya kalian bisa menggunakan pisang, almond dan dark coklat.

;
Loading