Sukses

Lifestyle

Manfaat Kopi Espresso Bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Diketahui

Fimela.com, Jakarta Bagi kamu pecinta kopi, meminum kopi espresso mungkin akan membuat kamu lebih semangat untuk melakukan aktivitas dihari itu. Namun apa bedanya espresso dengan kopi biasa? Keduanya dari biji yang sama, namun metode persiapan yang membedakan antara keduanya. Mesin espresso akan menggiling lebih halus dan menggunakan air panas pada tekanan tinggi sehingga menghasilkan minuman yang lebih "intens”.

Melansir dari thelist.com, ada beberapa manfaat kopi espresso untuk kesehatan tubuh kamu. Tapi perlu kamu ingat untuk mengonsumsinya sesuai porsinya atau takarannya.

1. Meningkatkan energi

Kafein dapat dengan cepat menemukan jalannya ke reseptor otak dan segera bekerja, memberi neuron dorongan yang meningkatkan kewaspadaan. Kopi espresso dalam jumlah sedang yaitu sekitar 300 miligram atau setara dengan 4,5 ons espresso memang dapat meningkatkan kapasitas seseorang untuk lebih konsentrasi, meningkatkan energi dan meningkatkan ketajaman mentalnya. Namun, meminumnya terlalu banyak dapat mengakibatkan respons yang kurang akut.

Manfaat espresso untuk tubuh

2. Mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2

Menurut sebuah studi, mereka yang secara bertahap meningkatkan asupan kopi mereka mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 11 persen. Sebaliknya, mereka yang mengurangi asupan mengalami peningkatan risiko sebesar 17 persen. Tapi harus diingat, kamu tidak dapat mengonsumsinya secara berlebihan.

3. Meningkatkan daya ingat jangka panjang

Kafein dapat membantu meningkatkan ingatan jangka panjang dengan membantu konsolidasi memori atau proses memperkuat ingatan antara memperolehnya dan mengambilnya. Sebuah penelitian mengatakan bahwa kafein memiliki "efek perlindungan" mengenai terjadinya penyakit Alzheimer dan jenis demensia lainnya.

4. Mengurangi risiko stroke

Para peneliti di Jerman menemukan bahwa meminum espresso setiap hari berpotensi mengurangi risiko seseorang menderita serangan jantung. Namun demikian, terlalu banyak kafein dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah akut, maka dari itu penting untuk kamu mengonsumsi secukupnya setiap harinya.

5. Mencegah depresi

Kebiasaan mengonsumsi espresso dapat membantu mencegah depresi. Depresi disebabkan oleh reaksi sistem kekebalan yang mengakibatkan peradangan otak. Para peneliti mengatakan bahwa peradangan ini dapat dikurangi dengan antioksidan tertentu yang ditemukan dalam kopi.

 

Penulis: Zhafira Majdina

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading