Sukses

Lifestyle

Ciri-ciri Gejala Terinfeksi Virus Corona, dari Gejala Umum hingga Diare

ringkasan

  • Demam, batuk, rasa lelah menjadi gejala umum terinfeksi virus corona
  • Studi baru menunjukan beberapa pasien dengan Covid-19 mengalami gejala gastrointestinal, terutama diare

Fimela.com, Jakarta Demam, batuk, rasa lelah menjadi gejala umum terinfeksi virus corona. Bila seseorang terinfeksi virus, dia akan menunjukkan gejala dalam 1-14 hari sejak terpapar virus corona atau Covid-19.

Menurut WHO dan Centers for Disease Control and Prevention, ciri terkena infeksi Covid-19 juga akan mengalami nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan, hingga diare.

Baru-baru ini sebuah penelitian telah dilakukan dan melaporkan diare sebagai gejala yang harus diperhatikan sebagai ciri-ciri terinfeksi virus corona, terutama karena beberapa tidak menunjukkan gejala batuk maupun sesak napas selain diare.

Gejala gastrointestinal

Dilansir dari Merdeka.com, menurut sebuah studi baru, beberapa pasien dengan Covid-19 mengalami gejala gastrointestinal, terutama diare sebagai tanda pertama penyakit ini. dokter harus menyadari bahwa gejala pencernaan mendadak pada orang dengan kemungkinan pernah memiliki kontak dengan virus atau pasien Covid-19.

"Kegagalan untuk mengenali pasien-pasien ini sejak dini dan seringkali dapat menyebabkan penyebaran penyakit tanpa disadari," papar para penulis dalam makalah mereka, yang diterbitkan sebelum dicetak Senin (30 Maret) dalam The American Journal of Gastroenterology.

Secara optimal, pengujian Covid-19 harus dilakukan menggunakan sampel pernapasan dan tinja, jika tersedia.

Para penulis mencatat bahwa penelitian mereka relatif kecil, dan penelitian yang lebih besar diperlukan untuk lebih menggambarkan gejala pencernaan pada pasien dengan COVID-19 ringan.

 

 

 

 

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading