Sukses

Health

Camilan Diet dan Sehat yang Mampu Menjaga Keseimbangan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Bagi Sahabat Fimela yang sedang diet, tidak usah khawatir. Diet bukan berarti tidak bisa makan cemilan apapun. Diet dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Orang diet tetap bisa mengonsumsi camilan. Namun, harus pintar memilah camilan yang bisa dikonsumsi orang diet. Camilan sehat akan membantu Sahabat Fimela menahan lapar. Selain itu, juga bisa membantu metabolisme tubuh dari pembakaran lemak.

Jangan biarkan tubuh terlalu lapar, saat menjalankan program diet. Diet sehat dilakukan dengan menjaga pola makan tetap bergizi. Yuk simak camilan diet dan sehat yang mampu menjaga kolesterol tetap seimbang:

Camilan Diet dan Sehat

1. Granola

Granola adalah camilan sehat yang sedang trend saat ini. Granola adalah makanan yang dibuat dari oat, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah kering. Granola yang sudah dibuat, bisa dinikmati langsung, bisa juga dicampur dengan susu ataupun madu. Kandungan oat yang ada pada granola, bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, dan mencegah darah tinggi. Kacang-kacangan, biji-bijian dan buah-buahan kering, bisa menambah serat untuk tubuh.

2. Smoothies Buah

Buah adalah camilan yang paling enak dinikmati saat diet. Kalau Sahabat Fimela bosan dengan makan buah yang polos, olah buahmu untuk dijadikan smoothies. Smoothies buah adalah minuman yang berbahan baku buah-buahan. Hampir sama dengan jus buah, membuat smoothies juga memerlukan blender. Biasanya sebelum membuat smoothies, buah-buahan dan susu dimasukkan ke dalam freezer terlebih dahulu.  Setelah beku, buah dan susu di-blender bersamaan. Bagi yang tidak terlalu suka susu, bisa diganti dengan yoghurt dengan rasa yang bisa disesuaikan dengan buahnya.

3. Sandwhich Telur Alpukat

Roti gandum dan alpukat adalah kombinasi karbohidrat yang membuat perut kenyang. Kedua bahan ini mengandung lemak tak jenuh. Sahabat Fimela bisa memanggang roti gandum terlebih dahulu. Sambil menunggu roti di panggang, tumbuklah alpukat, dan rebus telur. Setelah itu, bisa disajikan dengan menumpuk roti, alpukat dan telur seperti sandwhich. Taburkan garam dan merica untuk menambah rasa gurih.

4. Greek Yoghurt dan Buah-Buahan

Greek yoghurt merupakan yoghurt yang memiliki tekstur kental seperti es krim. Yoghurt yang satu ini sangat aman dinikmati saat diet. Greek yoghurt memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh pada saat diet. Protein memiliki fungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, yoghurt memiliki kandungan probiotik yang merupakan bakteri baik untuk membantu usus, sehingga, sistem pencernaan tubuh jadi lancar dan kolesterol terjaga dalam tubuh. Greek yoghurt bisa dinikmati bersama dengan buah-buahan yang manis.

Camilan Diet dan Sehat

5. Oatmeal dan Susu

Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari gandum. Gandum memiliki kandungan nutrisi seperti karbohidrat, serat, protein, asam folat, mangan dan selenium. Oatmeal merupakan makanan yang mengandung serat. Orang yang sedang menjalani program diet, dianjurkan untuk mengkonsumsi 30gram serat setiap hari. Hal ini dapat membantu untuk menurunkan berat badan dan kolesterol. Oatmeal bisa dinikmati dengan susu yang hangat. Jangan lupa gunakan susu yang rendah lemak.

6. Kedelai dan Edamame

Kedelai dan edamame hampir sama. Namun tidak semua kedelai adalah edamame. Edamame adalah kedelai yang masih muda. Kedelai dan edamame memiliki kandungan protein yang bernutrisi. Edamame memiliki kandungan mineral yang lebih tinggi daripada kedelai. Kalau kedelai memiliki kandungan lemak dan karbohidrat yang lebih tinggi dari edamame. Namun kedelai dan edamame adalah camilan yang sehat untuk diet dan bisa membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

7. Es Loli Buah

Es loli merupakan es yang terkenal dengan rasanya yang manis. Es loli buah di buat dengan mencampurkan buah-buahan seperti strawberry, anggur, kiwi dan minuman isotonik. Kemudian dibebukan dengan freezer. Isotonik memiliki peran penting untuk menggantikan cairan tubuh setelah berolahraga. Sedangkan buah-buahan merupakan makanan yang mengandung banyak vitamin. Es loli buah merupakan camilan diet yang cocok dinikmati setelah melakukan olahraga, untuk menurunkan berat badan dan menghilangkan kolesterol.

8. Puding Pisang

Puding pisang adalah camilan yang cocok dinikmati saat diet. Pisang adalah buah yang mengandung zat gizi baik. Untuk membuat puding pisang ini, lebih baik menggunakan susu yang rendah lemak, dan gunakan gula aren sebagai pemanis. Karena sedang diet, jangan terlalu banyak menggunakan gula tambahan, agar kadar gula darah dan kolesterol tidak naik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading