Sukses

Lifestyle

3 Cara Mudah Agar Mental dan Tubuh Tetap Sehat selama WFH

ringkasan

  • Walaupun WFH, kita perlu tetap menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh kita agar bisa terus fit
  • Gaya hidup sehat terdiri dari 70% asupan gizi dan 30% olahraga

Fimela.com, Jakarta Saat ini, kita semua dianjurkan untuk tetap berada di rumah dan menerapkan social distancing demi membantu mencegah penyebaran virus corona. Walaupun berada di rumah, kita perlu tetap menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh kita agar bisa terus fit dan tidak mudah terjangkit penyakit.

Lalu apa yang harus diterapkan untuk tetap hidup sehat selama di rumah, selama pandemi virus corona? Dr. Matthew Lantz Blaylock, seorang ilmuwan nutrisi mengatakan, gaya hidup sehat terdiri dari 70% asupan gizi dan 30% olahraga.

1. Konsumsi makanan bergizi

Salah satu cara untuk tetap fit adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, memenuhi kebutuhan gizi harian dan tetap bergerak. Saat ini, kita bisa membeli kebutuhan sehari-hari secara online, termasuk makanan. Beragam pilihan makanan bisa kita pesan secara online dan dikirim ke rumah.

Porsi makanan yang dianjurkan terdiri dari 40-60% karbohidrat, 20-30% lemak dan 15-20% protein. Penting bagi kita untuk bisa mengonsumsi makanan yang bervariasi dan mengubah menu makanan kita setiap harinya.

"Makanan yang bervariasi adalah dasar dari diet yang sehat dan seimbang," paparnya.

2. Bergerak

Di saat kita terus berada di rumah dan tidak bisa berolahraga secara intensif seperti saat kita pergi ke gym atau melakukan olahraga lainnya, kita bisa melakukan gerakan-gerakan ringan untuk tetap aktif bergerak.

3. Pikiran positif

Selain memiliki daya tahan tubuh yang kuat, pikiran juga merupakan faktor penting yang mempengaruhi kesehatan fisik. Di saat seperti sekarang ini, penting bagi kita untuk memiliki pikiran yang tetap positif, meski terkadang terasa tidak mudah untuk dilakukan. Banyak di antara kita yang cemas dengan situasi saat ini dan banyak juga yang mungkin sudah bosan di rumah dan ada keinginan untuk keluar rumah. Riset menunjukkan bahwa pikiran yang positif dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh kita. Dengan memiliki pikiran yang optimis, semakin kecil kemungkinan untuk tertular penyakit karena pikiran yang optimis membuat daya tahan tubuh kita berfungsi dengan lebih maksimal.

Passion in Every Drop

Sesuai dengan prinsipnya Passion in Every Drop, Greenfields salah satu produsen produk olahan susu pun para karyawan peternakan dan pabrik Greenfields di Malang, Jawa Timur tetap bekerja memerah sapi-sapi dan memproses susu sapi segar untuk dijadikan produk-produk berkualitas. Selama bekerja di peternakan dan pabrik, para karyawan Greenfields menerapkan prosedur keamanan dan kebersihan yang ketat serta kebijakan-kebijakan untuk menjamin kesejahteraan mereka.

Eva Yuliana Ari Wardhani, HRGA Manager mengatakan Greenfields adalah salah satu perusahaan yang sudah menerapkan tindakan preventif virus Corona sebelum ada arahan dari pemerintah dan bahkan sebelum ada kabar virus Corona masuk ke Indonesia. Beberapa waktu lalu, semua karyawan pabrik juga dikumpulkan untuk diberikan arahan dan diberdayakan untuk melewati masa yang berat ini

"Yang membuat saya salut adalah semangat kerja para karyawan yang tidak keberatan untuk tetap bekerja karena mereka merasa bertanggung jawab untuk bisa terus menyediakan produk susu berkualitas kepada masyarakat Indonesia," papar Eva dalam siaran persnya.

“Kami sangat menghargai upaya yang dilakukan perusahaan untuk membantu kami melewati masa yang kurang menyenangkan ini. Sebelum mulai bekerja, suhu badan kami selalu diperiksa dan kami juga selalu membersihkan tangan dengan sabun dan dilanjut dengan sanitasi alkohol agar bebas dari kuman. Setiap hari ada pemeriksaan secara acak untuk memastikan bahwa semua karyawan di pabrik Greenfields bekerja dengan tubuh yang fit. Tersedia juga klinik dengan dokter yang bertugas sehingga kalau ada dari antara kami yang merasa kurang fit, bisa langsung konsultasi ke dokter tersebut,” ujar Yandri Nursal, Operations Manager

#Changemaker

;
Loading