Sukses

Lifestyle

Inilah 5 Tips Bekerja Secara Multitasking Selama WFH

Fimela.com, Jakarta WFH mengharuskan kamu menyelesaikan pekerjaan di rumah, bagi sebagian orang hal ini pasti membutuhkan adaptasi karena lingkungan kerja yang beda tidak seperti biasanya. Beberapa pihak mengeluhkan karena beban pekerjaan yang banyak, satunya lagi tidak bisa berkonsentrasi saat wfh.

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah bekerja secara multitasking. Multitasking tidak melulu soal melakukan banyak hal diwaktu yang bersamaan, multitasking juga berbicara soal efektivitas waktu dan manajemen pekerjaan.

Bagi kamu yang memiliki keinginan untuk menyelesaikan pekerjaan secara cepat, tepat, dan efisien, kamu bisa mulai menggunakan tekhnik bekerja secara multitasking. Tekhnik ini juga akan membantu kamu memiliki waktu luang yang banyak untuk mengerjakan hal lainnya.

Beban pekerjaan disaat pandemi Covid-19 pasti rentan membuat stres karena kamu dibayangi oleh kekhawatiran virus tersebut. Multitasking justru bisa membantu kamu terhindari dari panic attack atau insecurity yang tinggi saat menyelesaikan pekerjaan.

Oleh karena itu, Fimela.com akan membagikan 5 tips bekerja secara multitasking selama wfh. Buat kamu yang tertarik ingin mencobanya, simak tipsnya berikut ini.

Buatlah Perencanaan Kerja

Tips bekerja secara multitasking yang pertama ialah membuat perencanaan kerja yang matang, ini adalah langkah awal yang wajib dilakukan. Membuat perencanaan yang matang sangat penting karena bagian dari persiapan, salah satu kunci sukses adalah melakukan persiapan dengan baik.

Dengan melakukan perencanaan, kamu bisa mengagendakan semua pekerjaanmu, memperhitungkannya, hingga hal-hal lain diluar pekerjaan yang harus dikerjakan. Perencanaan membuat pekerjaanmu lebih teratur.

Perencanaan pastinya membantumu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efektif dan efisien. Semakin matang perencanaan, itu mencerminkan keseriusan dan tanggungjawab terhadap pekerjaan yang kamu kerjakan. Tidak ada rahasia sukses, orang sukses biasanya banyak mengumpulkan ide dan mempertimbangkannya lewat perencanaan.

Tetapkan Skala Prioritas

Saat kamu membuat perencanaan yang matang, kamu juga perlu untuk membuat skala prioritas. Skala prioritas membantumu menentukan pekerjaan mana yang harus cepat diselesaikan. Biasanya skala prioritas diukur dari tingkat urgensi pekerjaan yang sedang kamu kerjakan.

Seringkali kita merasa bahwa tubuh kita mampu mengerjakan semuanya, padahal dalam menyelesaikan pekerjaan kita membutuhkan skala prioritas. Cara ini juga membantumu lebih berkonsentrasi untuk bekerja.

Melalui skala prioritas, kita akan mengetahui deadline pekerjaan atau membantu kita untuk mengatur waktu pelaksanaan. Perencanaan dan skala prioritas juga memberi kemampuan kepada kita untuk memfilter pekerjaan, hal ini pastinya membuka peluang dua pekerjaan yang serupa dikerjakan bersama dan pastinya akan dapat menghemat waktumu.

Buat To Do List

Tips bekerja secara multitasking selanjutnya ialah membuat daftar to do list yang wajar. Alasannya, biasanya banyak orang setelah membuat perencaan dan menetapkan prioritas sering terjebak pada situasi deadline yang tidak wajar. Seakan-akan semuanya dapat selesai dengan waktu yang singkat.

Maka dari itu, buatlah to do list yang wajar, pekerjaan apa saja yang ingin kamu kerjakan pertama, kedua, dan seterusnya dengan tetap memerhatikan kesanggupanmu. To do list menjadi salah satu hal yang menentukan kesuksesanmu menyelesaikan pekerjaan selama wfh.

Dengan to do list, kamu bisa mengatur pekerjaan mana dulu yang ingin kamu selesaikan, atau bisa merangkum semua pekerjaan yang harus dikerjakan dan mencegah tindakan ceroboh seperti lupa. Tentu saja, to do list membantumu untuk bekerja secara professional walaupun sedang wfh.

Fokus Bekerja

Kamu tidak akan bisa bekerja multitasking apabila tidak memberikan fokus maksimal terhadap pekerjaanmu, maka dari itu bekerjalah dengan sangat fokus. Walaupun kelihatannya sepele, apabila kamu tidaj fokus maka, pekerjaanmu tidak akan pernah selesai atau hasilnya tidak akan baik.

Fokus menjadi kebiasaan penting yang harus diperhatikan oleh para pekerja, jika kamu fokus maka, kamu tidak akan mudah terdistraksi dengan hal lain dan pekerjaanmu akan lebih cepat selesai. Fokus membantumu terhindar dari kebiasaan buruk seperti menunda-nunda pekerjaan.

Apalagi bekerja saat wfh tentunya kamu akan mengalami banyak ditstraksi seperti malas, mudah menrasa lelah, mengantuk, dan sebagainya. Hal ini apabila tidak diatasi tentu akan merugikan dirimu sendiri. Maka dari itu, sebaiknya saat bekerja tujukan fokusmu hanya pada pekerjaan.

Belajar Bersikap Disiplin

Terakhir, tips bekerja secara multitasking tentunya harus dibarengi dengan kebiasaan disiplin. Bekerja secara disiplin pastinya membuatmu dapat terlihat lebih professional apalagi jika kamu bisa menerapkannya dengan baik selama wfh.

Bekerja disiplin adalah kunci terakhir dari step-step yang kamu lakukan sebelumnya, seperti membuat perencanaan hingga to do list. Semua itu tidak akan berjalan apabila kamu tidak disiplin pada dirimu sendiri.

Disiplin memang berat, tetapi dampaknya pasti sangat positif dan pekerjaanmu dapat terselesaikan dengan tepat waktu. Dengan begitu, kamu punya banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaan lainnya, seperti pekerjaan rumah atau melakukan perawatan untuk tubuhmu.

 

;
Loading