Sukses

Lifestyle

Cara Menghilangkan Bau Ketiak dengan Mudah

Ketiak adalah bagian tubuh yang sering muncul keringat. Biasanya keringat yang dihasilkan ketiak memiliki bau tidak sedap.

Bau tidak sedap pada ketiak muncul karena pada ketiak terdapat kelenjar apokrin.

Tubuh memiliki 2 kelenjar keringat yaitu kelenjar accrine dan kelenjar apokrin. Kelenjar accrine menghasilkan keringat untuk menurunkan suhu tubuh. Kelenjar apokrin adalah kelenjar keringat yang mengeluarkan bau.

Bau dari keringat disebabkan karena kelenjar apokrin membunuh bakteri pada lipatan, kemudian bakteri tersebut akan membusuk, dan menyebabkan bau tidak sedap.

Bau ketiak membuat perempuan menjadi tidak percaya diri. Fimela akan memberikan cara menghilangkan bau ketiak dengan mudah, yang sudah dirangkum dari beberapa sumber:

Ganti Pakaian setelah Berkeringat

Setelah beraktifitas, biasanya tubuh akan mengeluarkan keringat yang banyak. Apalagi jika melakukan aktifitas dibawah sinar matahari. Keringat yang keluar setelah melakukan aktifitas seharian, akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Karena kelenjar apokrin mengeluarkan keringat berlebih, untuk berekresi dalam pembusukan kuman atau bakteri.

Selain ketiak yang bau, pakaian yang dipakai akan menjadi lembap, kemudian memunculkan aroma bau. Maka dari itu, setelah berkeringat pakaian harus segera diganti, agar tidak menyebabkan bau.

Hindari Mengonsumsi Makanan Penyebab Bau

Ada beberapa makanan yang harus dihindari, agar tidak menimbulkan bau ketiak. Seperti bawang putih, daging, makanan sulfur, dan pedas.

  • Bawang putih adalah bahan utama sebuah masakan. Bawang putih mengandung zat allicin. Zat ini bisa membuat bau badan tidak sedap.
  • Daging juga bisa mengakibatkan bau badan tidak sedap, terutama daging merah. Karena daging merah mengeluarkan gas berbau.
  • Makanan yang mengandung sulfur juga bisa menyebabkan bau ketiak. Seperti pete, kol dan brokoli. Karena kandungan sulfur bisa membuat produksi keringat bertambah.
  • Makanan pedas adalah makanan yang membuat badan panas. Ketika badan panas, maka akan memproduksi keringat berlebih.

Dihindari bukan berarti sama sekali tidak boleh dimakan. Namun, jenis makanan tersebut tidak boleh terlalu sering dikonsumsi.

Mandi Teratur

Mandi merupakan sebuah kewajiban yang dilakukan setelah beraktifitas. Mandi bisa membuat badan menjadi segar. Setelah berpergian, debu dan kotoran akan menempel di tubuh. Bahkan virus, kuman dan bakteri juga bisa menempel.

Kotoran-kotoran yang menempel pada tubuh akan menyumbat pori-pori. Dan mengakibatkan munculnya keringat. Walaupun ketiak tertutup baju, ketiak tetap akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Maka dari itu, agar ketiak dan badan tidak bau, mandilah secara teratur pada pagi dan sore. Jangan lupa waktu mandi untuk mencukur bulu ketiak.

Gunakan Pakaian yang Menyerap Keringat

Setiap hari pakaian harus diganti, dan pakaian harus dicuci, agar selalu bersih. Jika melakukan banyak aktifitas, badan akan berkeringat, dan akan membuat pakaian menjadi basah. Agar pakaian tetap nyaman digunakan, gunakanlah pakaian yang terbuat dari kain yang mudah menyerap keringat.

Bahan pakaian yang nyaman digunakan adalah kain katun. Terutama katun combed. Walaupun bahan katun combed agak tebal, namun kain ini akan membuat badan terasa dingin. Sehingga badan tidak akan mudah berkeringat.

Mengkonsumsi Buah

Pencernaan yang tidak lancar, dipercaya dapat menyebabkan bau tidak setiap. Karena lemak jenuh dalam tubuh, jika terlalu lama di pendam dalam tubuh, akan membuat tubuh berkeringat.

Ketiak adalah bagian tubuh yang memiliki banyak lipatan. Kalau tubuh mengeluarkan banyak keringat, maka bau tidak sedap pada ketiak akan muncul. Konsumsilah buah setiap hari, karena buah mengandung banyak serat. Serat pada buah berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan.

Konsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki banyak klorofil. Kandungan yang ada pada klorofil memiliki fungsi untuk mengatasi bau.

Sayur-sayuran juga mengandung banyak vitamin. Vitamin-vitamin inilah yang akan membantu metabolisme tubuh lancar.

Kalau metabolisme tubuh lancar, lemak tubuh tidak akan memproduksi minyak berlebih. Sehingga bau ketiak atau bau badan tidak akan muncul.

Mengkonsumsi Jahe

Selain mencegah penyakit, jahe dipercaya bisa membantu mengurang bau ketiak. Jahe mengandung minyak atsiri, zingiberene, bisabolena, kurkumen, gingerol, dan felandren. Kandungan-kandungan itu memiliki fungsi untuk membantu menghilangkan bau.

Untuk membantu menghilangkan bau ketiak, gunakan jahe untuk memasak atau dijadikan sebagai minuman.

Gunakan Temulawak untuk Menghilangkan Bau Ketiak

Temulawak memiliki kandungan yang bisa membantu menghilangkan bau badan. Seperti sapomin, flavonoida dan minyak atsiri.

Untuk menggunakan temulawak untuk menghilangkan bau ketiak, minumlah temulak sehari sekali.

Cara membuatnya minuman temulawak cukuplah mudah:

  1. Kupas kemudian parut temulawak.
  2. Campurkan dengan air hangat
  3. Peraslah temulawak tersebut
  4. Saring dan pisahkan ampas temulawak dengan airnya
  5. Tambahkan madu sebagai pemanis
  6. Minumlah air temulawak selagi masih hangat
;
Loading