Sukses

Lifestyle

Atasi Rasa Cemas dengan 5 Taktik Sederhana Ini Sebelum dan Sesudah Melakukan Pekerjaan di Kantor

Fimela.com, Jakarta Selama kurang lebih lima hari, kita menghabiskan sebagian besar waktu di tempat kerja. Tidak heran hal tersebut membuat kita mudah lelah, bukan hanya fisik tapi juga mental. Kehidupan yang semakin sibuk, membuat beberapa orang sulit menemukan waktu untuk memeriksa kesehatan fisik dan mentalnya. Faktanya, sebuah penelitian baru-baru ini mengenai kesehatan mental perusahaan Australia menunjukkan bahwa satu dari tiga karyawan mengidentifikasikan diri dengan beberapa bentuk penyakit mental, 33% dari mereka menderita kecemasan atau anxiety.

Tanpa perlu khawatir, langkah menuju kesehatan mental yang lebih baik tidak harus menghabiskan banyak waktu atau uang. Bahkan, menemukan cara sederhana yang bisa kamu lakukan disela-sela rutinitas harian kamu akan terbukti lebih efektif dan berkelanjutan dalam jangka panjang. Untuk memulainya, ada lima strategi sederhana untuk membantu mengatasi kecemasan saat berada di kantor. Cukup mulai dari meja kerja kamu, seperti yang dilansir dari shesaid.com berikut ini.

1. Ambil napas

Ketika kita merasa sibuk, menemukan waktu rehat sangatlah penting. Ingat, jangan melewatkan istirahat tanpa menarik nafas dan menghembuskannya perlahan. Tidak peduli seberapa kewalahan yang kamu rasakan, irama menghirup dan menghembuskan terus-menerus terjadi tanpa kita sadari. Cobalah rutinitas pernapasan yang menenangkan dengan ambil napas panjang dan perlahan melalui hidung, lalu tahan selama tiga hitungan, selanjutnya buang napas perlahan melalui mulut. Lakukan langkah ini untuk menyambut keadaan tenang, jernih, dan fokus.

Terkadang kamu merasakan kepedihan muncul, kemudian pertimbangkan kualitas napas kamu. Apakah dada kamu terasa kencang? Apakah kamu menghirup dengan irama pendek dan dangkal? Apakah kecepatan napas kamu menjadi cepat dan panik? Salah satu cara paling sederhana untuk menenangkan sistem saraf kamu adalah dengan sengaja memperlambat dan memperdalam napas. Teknik ini sangat bak untuk mengatasi rasa cemas di kantor

 

Cara atasi rasa cemas setelah melakukan pekerjaan di kantor

2. Dengarkan musik yang menenangkan

Obrolan rekan kerja dan kebisingan percakapan yang keras bisa menjadi gangguan yang berbahaya di tempat kerja. Khususnya bagi mereka yang bekerja di kantor dengan dekorasi terbuka tanpa sekat antar pekerja. Kamu akan mendengar instruksi yang tergesa-gesa hingga panggilan telepon yang mendesak dapat menambah kecemasan kita sendiri dan menciptakan suasana permusuhan dan ketegangan.

Jika dirimu dipengaruhi secara negatif oleh orang-orang di sekitar kamu, ambil headphone dan tekan tombol playlist dari musik yang menenangkan dan menyenangkan. Pergilah ke platform music streaming favorit kamu untuk menemukan daftar putar yang dirancang untuk mengurangi kecemasan, mengurangi stres dan meningkatkan perasaan tenang dan senang dalam diri kamu.

3. Cobalah relaksasi otot

Strategi hebat lainnya untuk mengembalikan energi positif kamu adalah dengan relaksasi otot progresif. Singkatnya, gerakan-gerakan kecil ini membantu kamu untuk secara sistematis menegangkan dan mengendurkan kelompok otot utama untuk meningkatkan rasa rileks dan tenang. Dengan melakukannya kamu akan lebih cenderung fokus pada tugas yang ada daripada dihanyutkan oleh pikiran dan rasa cemas.

Mulailah dengan memperlambat dan fokus pada napas kamu untuk memberikan waktu pada dirimu untuk bersantai. Selanjutnya, pilih grup otot pertama yang ingin kamu kerjakan. Strategi yang baik adalah bergerak dari kepala ke kaki, memastikan semua bagian tubuh ditangani. Cukup regangkan setiap kelompok otot selama 5 detik, lalu buang napas dan rileks sepenuhnya selama 10 detik. Ulangi ini di seluruh tubuh untuk hasil terbaik.

 

Cara atasi rasa cemas setelah melakukan pekerjaan di kantor

5. Merapihkan ruang kerja

Luangkan waktu sebentar untuk melihat-lihat meja kamu. Apa yang kamu lihat di depanmu? Apakah ada tumpukan kertas dan buku catatan yang berserakan? Apakah kamu memiliki koleksi cangkir kopi yang menunggu untuk dicuci? Dan seperti apa desktop komputer kamu? Ketika kamu dikelilingi oleh kekacauan, tidak heran kamu tidak bisa fokus pada tugas yang dihadapi. Untuk membuat kamu kembali untuk fokus, sisihkan 15 menit di awal setiap hari untuk merapikan meja atau ruangan kamu. Mulailah dengan mengarsipkan dokumen dan memindahkannya ke folder agar lebih terorganisir, pindahkan alat tulis yang tidak perlu ke laci meja dan lepaskan wadah makanan atau mug yang ada di meja kamu.

Hal yang sama juga berlaku untuk ruang kerja virtual atau komputer. Jika desktop kamu adalah kumpulan dokumen yang belum diarsipkan, luangkan waktu untuk menyortirnya ke dalam folder dengan label yang jelas. Ini tidak hanya akan memudahkan kamu untuk menemukannya di masa yang akan datang, tetapi ini juga akan membantu meningkatkan rasa tenang dan kontrol untuk membantu kamu melewati daftar tugas atau pekerjaan lebih cepat. 

4. Menulis isi pikiran

Sulit untuk berpikir jernih saat kita tenggelam dalam pikiran cemas. Ketika kekhawatiran kita menyelimuti pikiran kita, masalah tampaknya tidak mungkin dipecahkan dan suasana hati kita bisa dengan cepat turun karena perasaan tidak berdaya, ketakutan, dan stres. Cobalah untuk melihat situasi dengan pikiran yang dingin. Ambil pena dan kertas, lalu mulailah mencatat pemikiran yang kamu pikirkan, dan cobalah untuk menulis dengan bebas tanpa penilaian diri sendiri. Tujuannya di sini adalah untuk menuliskan kecemasan kamu dan mulai mengungkap akar penyebab dari emosi di balik perasaanmu.

Setelah kamu menuliskan semuanya di atas kertas, bacalah daftar itu dan pertimbangkan kesalahan apa yang mungkin mempengaruhi pikiran kamu. Apakah kamu berspekulasi tentang kesan apa yang dimiliki rekan kerja baru tentangmu? Mungkin kamu merenungkan kesalahan kecil yang kamu buat dalam pertemuan tim minggu lalu? Tindakan sederhana untuk menuliskan pikiran dapat dilakukan hanya dalam beberapa menit di meja kamu dan dapat menjadi teknik yang kuat untuk membantu kamu melihat situasi dengan lebih jelas demi menghindari tekanan dan pikiran negatif.

Penulis: Iffah Nurahmah

#ChangeMaker

Agnez Mo Buka Klinik Vaksin Covid-19 Gratis
Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Waktu Terbaik dalam Sehari untuk Mengirimkan Lamaran Kerja
Artikel Selanjutnya
Cara Membangun Personal Branding dan Menguasai Wawancara Kerja