Sukses

Lifestyle

Jenis Susu yang Aman Dinikmati saat Diet

Fimela.com, Jakarta Susu merupakan sahabat yang baik untuk membantu diet. Karena dengan mengonsumsi susu, asupan nutrisimu akan seimbang.

Pada menu diet, biasanya susu digunakan untuk membuat oatmeal, atau membuat smoothies. Namun tidak semua susu bisa dikonsumsi saat diet. Susu yang aman dinikmati saat diet adalah susu rendah lemak.

Susu vegan adalah susu yang tidak mengandung laktosa. Susu ini bisa dinikmati selagi hangat atau dingin. Susu vegan ini juga sangat mudah dibuat. Yuk, simak jenis susu yang aman dinikmati saat diet:

Susu Almond

Susu almond menjadi tren susu diet sehat di kalangan masyarakat jaman sekarang. Susu almond merupakan pengganti susu sapi, yang cocok dikonsumsi sehari-hari. Kandungan kalori pada susu almond 50% lebih rendah, dibandingkan dengan kandungan kalori susu sapi.

Menurut ahli diet Kristin Kirkpatrick, susu almond memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, dan tidak memiliki kolesterol. Walaupun kacang almond memiliki banyak protein, namun susu almond tidak memiliki banyak protein atau kalsium. Karena susu diproses menggunakan air yang bisa mengurangi kandungan nutrisi almond.

Susu almond memiliki manfaat untuk menyehatkan jantung. Karena susu almond tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh. Susu almond aman dinikmati saat diet, karena susu almond hanya mengandung 39 kalori saja.

Kalau Sahabat Fimela mengonsumsi susu sapi, kemudian mengalami sakit perut atau diare, itu menandakan bahwa pencernaan alergi terhadap laktosa. Susu almond sangat aman dikonsumsi karena tidak mengandung laktosa.

Cara membuat susu almond sangatlah mudah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 200gr kacang almond mentah
  • 400ml air matang hangat
  • Gula atau madu secukupnya

Alat yang dibutuhkan:

  • Blender dan saringan

Cara membuat susu almond:

  1. Rendam kacang almond semalaman atau 2 hari agar empuk
  2. Blender kacang almond dengan air hangat, hingga halus
  3. Kemudian saring, pisahkan sari almond dengan airnya
  4. Rebus air tersebut, namun jangan sampai mendidih
  5. Susu almond sudah jadi, bisa dinimkati dengan menambahkan gula atau madu

Susu Kedelai

Susu kedelai adalah susu yang paling sering dikonsumsi pada saat diet. Susu ini merupakan sari dari kacang kedelai. Susu kedelai memiliki banyak nutrisi. Susu kedelai juga mengandung vitamin dan mineral penting. Selain itu susu kedelai juga merupakan sumber serat dan protein tubuh.

Susu kedelai aman dinikmati saat diet. Karena susu kedelai berfungsi untuk menurunkan berat badan. Susu kedelai juga memiliki fungsi lainnya. Susu kedelai berperan untuk menurunkan kolesterol. Karena asam lemak tak jenuh dalam kedelai dapat menghambat penumpukan kolesterol.

Susu kedelai dapat memperkuat pembuluh darah. Karena susu kedelai memiliki kandungan omega 3, omega 6 dan antioksidan. Antioksidan yang ada dalam susu kedelai ini lah, yang bisa melindungi pembuluh darah, agar tidak rusak terkena radikal bebas. Susu kedelai juga diperkaya dengan ekstra kalsium dan vitamin D. Sehingga bisa mencegah osteoporosis.

Cara membuat susu kedelai:

Bahan yang diperlukan:

  • 1kg biji kedelai
  • 10L air
  • 4sdm gula
  • 1sdt garam
  • 3 lembar daun pandan

Cara membuat susu kedelai:

  1. Cuci bersih biji kedelai, lalu rendam biji kedelai selama 8jam
  2. Kemudian cuci lagi biji kedelai, dan buang kulitnya
  3. Blender biji kedelai yang sudah direndam 8jam, dengan 10L air
  4. Lalu saring air kedelai, pisahkan sari kedelai dengan airnya
  5. Kemudian rebus air kedelai dengan api sedang.
  6. Masukan gula dan daun pandan. Aduk hingga mendidih
  7. Saring lagi susunya
  8. Kemudian hidangkan susu kedelai

Susu Gandum

Gandum atau oat merupakan sahabat bagi orang diet. Gandum ini memiliki serat alami yang bagus untuk tubuh. Selain dijadiin sereal, ternyata gandum juga bisa dijadikan susu, yang aman dinikmati saat diet.

Susu gandum ini dilengkapi dengan kandungan vitamin A, vitamin D, kalsium, kalium, zat besi yang dibutuhkan tubuh. Dibandingkan susu kedelai dan susu almond, susu gandum diperkaya akan karbohidrat dan serat.

Namun nutrisi pada susu gandum, tidak sebanyak nutrisi pada gandum utuh. Karena proses pembuatan susu gandum harus melalui penyaringan. Susu gandum memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol. Serat yang ada dalam gandum bisa mengikat kolesterol, dan mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Seseorang yang memiliki alergi terhadap susu sapi dan susu kacang, susu gandum ini merupakan alternative terbaik. Karena susu ini sangat aman dikonsumsi.

Cara membaut susu gandum:

Bahan yang dibutuhkan:

  • 100 gr gandum utuh
  • 1L air
  • 4sdm madu
  • Air hangat untuk merendam gandum

Cara membuatnya:

  1. Rendam gandum dengan air hangat, rendam selama semalaman
  2. Tiriskan gandum, kemudian blender dengan 1L air
  3. Setelah diblender, saring gandum, pisahkan ampas dengan airnya
  4. Lalu rebus susu, jika suka manis bisa menambahkan madu
  5. Susu gandum siap disajikan
;
Loading