Sukses

Lifestyle

Panduan Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Beserta Doanya

Fimela.com, Jakarta Sholat taubat ialah sholat sunnah yang dilakukan apabila seseorang telah melakukan dosa atau merasa bahwa dirinya telah melakukan perbuatan dosa dan ingin bertaubat dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT. Seseorang melaksanakan sholat taubat guna meminta ampunan kepada Allah SWT dari dosa yang telah diperbuat.

Dalam surat At-Tahrim ayat 8, "Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai."

Sesungguhnya kita sebagai manusia tidak pernah luput dari kesilapan, khilaf, dan juga dosa baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Maka, sebaik-baiknya orang yang berbuat salah dan pendosa ialah mereka yang mensegarakan taubatnya agar Allah SWT memberikan ampunan.

Makna bertaubat maksudnya adalah ikhlas menyesali perbuatan dosa yang telah dilakukan dan bertekad di dalam hati untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut, serta memohon keampunan daripada Allah.

Bagi kamu yang ingin menunaikan ibadah sholat taubat, Fimela.com pada artikel ini akan membagikan panduan tata cara sholat taubat beserta doanya. Simak panduannya berikut ini.

Keutamaan Sholat Taubat

Setiap manusia yang melakukan sholat taubat secara sungguh-sungguh akan diberikan ganjaran dari Allah SWT yakni berupa pengampunan atas dosa-dosa yang pernah diperbuat. Allah SWT menjanjikan surga bagi mereka yang senantiasa mensegarakan taubat dan melaksanakannya dengan penuh kesungguhan.

Lalu, muncul pertanyaan mengenai kemungkinan untuk berbuat dosa kembali dan apa yang harus dilakukan, Abu Hurairah Radiyallahu’anhu, bahwasanya Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda:

“Sesungguhnya seorang laki – laki berbuat dosa lalu berkata: “Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa maka ampunilah. Maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala berkata : “Hambaku berbuat dosa lalu ia tahu bahwa ia memiliki Tuhan  yang  Maha Mengampuni dosa dan ia merealisasikannya, sesungguhnya Aku telah ampuni hambaku tersebut.

Kemudian ia pun berbuat dosa lagi dosa yang lainnya lalu berkata : “Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa maka ampunilah, maka Allah Tabaroka wa Ta’ala berkata: “Hamba-Ku mengetahui bahwa ia punya Tuhan yang Maha Pengampun lalu ia pun merealisasikannya:

“Sesungguhnya telah aku ampuni hamaku. Kemudian ia melakukan dosa  yang lainnya lagi, dan ia berkata : “Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa, maka ampunilah. Maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala berkata lagi : “Hamba-Ku tahu bahwa ia punya Tuhan yang Maha Pengampun dan ia merealisasikannya.”

Maka Aku mempersaksikan kepada kalian semua bahwa sesungguhnya Aku sungguh telah mengampuni hamba-Ku maka silahkan dia lakukan  apa yang dia kehendaki.” (HR. Al- Imam Ahmad)

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha

Pelaksanaan sholat taubat tidak terbatas waktu, artinya bisa dilakukan kapan saja, baik pagi, siang, ataupun malam. Akan tetapi, dianjurkan untuk dilaksanakan selepas tengah malam sewaktu Qiamullai (bangun pada 2/3 malam untuk beribadat kepada Allah).Sholat taubat juga dianjurkan untuk dilaksanakan sendiri, atau tidak dilaksanakan secara berjamaah.

Untuk sholat taubat sebenarnya tidak ada keterangan khusus berkenaan dengan jumlah rakaat. Akan tetapi, mengikut pandangan kebanyakan ulama, sholat taubat boleh dikerjakan sebanyak dua, empat dan enam rakaat. Adapun tata cara sholat taubat seperti berikut:

  • Niat Sholat Taubat Nasuha
  • Takbirotul Ihram
  • Membaca doa Istiftah/iftitah
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat dari Alquran
  • Rukuk
  • I'tidal (Membaca doa i'tidal)
  • Sujud (Membaca tasbih sujud tiga kali)
  • Duduk di antara dua sujud (Membaca doa 'Robbighfirlii warhamnii...')
  • Sujud kedua (Membaca tasbih sujud tiga kali)
  • Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan di atas sampai 10.
  • Tasyahud akhir (Membaca bacaan tasyahud akhir)
  • Salam
  • Berdoa mohon ampunan

Doa Setelah Sholat Taubat

Seusai kita melaksanakan sholat taubat nasuha, kita dianjurkan untuk berdoa sembari berdzikir yang semuanya itu ditujukan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Adapun bacaan istighfar setelah sholat taubat nasuha adalah astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuumu wa atuubu ilaihi.

Artinya: Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya.

Bacaan tersebut diucapkan 100 kali dengan setulus-tulusnya. Kemudian, setelah itu dilanjutkan dengan membaca doa sholat taubat nasuha seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW berikut ini:

Allahumma anta robbi laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana abduka wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastatho'tu. A 'udzu bika min syarri maa shona'tu abuu-u laka bini'matika 'alayya wa abuu-u bidzanbii, faghfirlii fainnahuu alaa yaghfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya: Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.

Diharapkan setelah mengerjakan sholat taubat nasuha ini anda tidak mengulangi lagi kesalahan dan dosa yang pernah diperbuat. Lebih memperbanyak amal kebaikan, salah satunya adalah bersedekah. Bersedekah dapat menghapus dosa-dosa, sebagaimanaFirman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Thaha ayat 82 yang artinya: “ Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar.”

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading