Sukses

Lifestyle

1 Juta Voucher Makan untuk Pengemudi Ojol di Masa Pandemi Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Untuk meringankan beban mitra UMKM, Gojek bersama Yayasan Anak Bangsa Bisa membantu jutaan driver atau pengemudi selama masa tanggap darurat COVID-19. Selama masa tersebut, situasi menjadi semakin sulit karena adanya pelemahan ekonomi yang membuat beban keuangan para driver semakin terasa berat.

Salah satu cara yang dilakukan Gojek dan Yayasan Anak Bangsa Bisa adalah dengan membagikan satu juta voucher makan sebesar Rp5000 yang tersedia bagi para pengemudi di Jabodetabek. Voucher ini bisa digunakan di 10ribu mitra merchant UMKM GoFood.

“Pandemi COVID-19 membawa kita semua ke situasi yang sangat menantang. Hal ini sangat berdampak terutama bagi para pekerja sektor informal yang mengandalkan penghasilan harian, seperti jutaan mitra driver online. Menurunnya orderan transportasi di masa-masa ini tentu mempengaruhi pendapatan harian. Walaupun di sisi lain, kami melihat mitra driver kami masih banyak mendapatkan order untuk layanan pesan-antar makanan, karena banyak masyarakat yang berada #dirumahaja,” ujar Hans Patuwo selaku Chief Operations Officer Gojek.

Melalui program ini, beban pengemudi untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari bisa diringankan. Program ini dimulai pada 7 April hingga 31 Mei 2020 di area Jabodetabek dan akan diperluas ke kota-kota lainnya.

 

Meringankan beban pengemudi

Setiap harinya akan ada voucher sebesar Rp5000 yang dapat digunakan untuk membeli satu paket makanan seharga Rp10 ribu hingga Rp15 ribu. Menu makanan gizi seimbang ini akan tersedia di 10 ribu warung dan rumah makan yang menjadi mitra merchant UMKM GoFood. Selain membantu mitra pengemudi, program ini juga membantu keberlangsungan pendapatan UMKM kuliner selama masa pandemi virus corona ini.

"Program voucher makan ini sangat baik menurut saya, karena tidak hanya membantu ringankan pengeluaran mitra driver terhadap kebutuhan makan sehari-hari, tetapi juga terus mendukung daya beli UMKM. Saya berharap langkah ini dapat diikuti oleh perusahaanperusahaan Indonesia lainnya, sekaligus juga bisa menggerakkan hati para pebisnis dan pemangku kepentingan lainnya untuk berpartisipasi dan berkolaborasi dengan Yayasan Anak Bangsa Bisa, agar bisa lebih banyak membantu jutaan pekerja sektor informal lainnya yang terkena dampak pandemi," ujar Garibaldi Thohir, Komisaris Utama Gojek sekaligus Dewan Pembina Yayasan Anak Bangsa Bisa.

 

Bantuan paket makanan

Selain memberikan voucher, Gojek dan Yayasan Anak Bangsa Bisa juga memberikan bantuan berupa paket makanan kepada tenaga kesehatan di belasan rumah sakit rujukan COVID-19 di Jabodetabek. Seperti RSPI Dr. Sulianti Saroso dan RS Darurat Wisma Atlet.

Paket makanan ini disediakan oleh mitra merchant UMKM di GoFood Festival dan GoFood Kitchen terdekat. Kemudian diantarkan melalui layanan GoBox. Lebih lanjut, Gojek juga bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI dan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia dengan membagikan voucher perjalanan GoRide dan GoCar untuk para tenaga kesehatan.

Tak berhenti di situ, banyak merchant GoFood yang kini menyediakan menu khusus traktir pengemudi online yang bisa dipesan oleh pelanggan yang ingin berbuat kebaikan membantu para mitra ojol. Selain itu, pelanggan bisa berkontribusi pada program berbagi paket makanan untuk pengemudi dan tenaga kerja dengan melakukan tiga transaksi GoFood perminggu.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading