Sukses

Lifestyle

4 Caraku Jaga Kesehatan Mental selama Virus Corona Masih Ada

ringkasan

  • Makan Makanan Sehat
  • Tidur yang Cukup
  • Bijak Memilih Informasi tentang Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Mengubah rutinitas di tengah panedemi virus corona ini memang tidak mudah. Mengatasi rasa cemas dan was-was pun membuat kita tak nyaman. Kita semua pun berharap semua keadaan akan segera membaik. Melalui Lomba Share Your Stories: Berbagi Cerita tentang Pandemi Virus Corona ini Sahabat Fimela berbagai cerita dan harapannya di situasi ini. Langsung ikuti tulisannya di sini, ya.

***

Oleh: Julita Widya Sari Manurung

Semenjak virus corona muncul di Indonesia, rutinitas kehidupan masing-masing orang sangat berubah drastis. Seperti kehidupan dan rutinitas yang saya lakukan setiap harinya. Saya yang dulunya bekerja mulai pagi sampai sore, lalu setelahnya kuliah sampai setengah 10 malam, kini harus berada di rumah dalam waktu yang tidak bisa ditentukan. Mulai 3 April 2020 kemarin, saya tidak lagi bekerja karena atasan saya meliburkan semua pegawainya sampai akhir April 2020, demi memutus rantai penyebaran virus corona. Lalu, untuk kuliah saya, tetap berjalan seperti jadwal biasa, tapi dilakukan melalui daring atau online.

Perasaan bosan, stres, sedih, dan kesepian itulah yang saya alami selama pandemi ini melanda. Bisa dibilang, sejak adanya virus corona ini, kesehatan mental saya semakin memburuk. Untungnya, ada keluarga yang menguatkan saya untuk bisa menjadi diri saya seperti sebelumnya, yang memiliki semangat tinggi setiap harinya untuk melakukan aktivitas apapun itu. Dengan adanya kekuatan dan cinta dari keluarga saya, dengan sigap saya mengatasi sesuatu yang tak baik ini, dengan melakukan 4 aktivitas sederhana ini setiap harinya di rumah.

Makan Makanan Sehat

Makan makanan sehat, seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan makanan yang mengandung vitamin C sangat diharuskan untuk dikonsumsi saat ini. Karena, sifat antioksidan yang tinggi yang berasal dari makanan sehat dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan kita tidak gampang terserang penyakit, seperti virus corona.

Tidur yang Cukup

Selama virus corona masih marak-maraknya di kota Medan ini, saya semakin mengatur jam tidur saya. Saya yang dulunya suka begadang, karena mengerjakan sesuatu dan akhirnya jatuh sakit, kini lebih membiasakan diri untuk tidur yang cukup, sekitar 7-8 jam per harinya. Hal ini saya lakukan untuk memberikan efek perlindungan sistem imun tubuh saya, agar tidak mudah jatuh sakit.

Bijak Memilih Informasi tentang Virus Corona

Akhir-akhir ini, berita tentang virus corona banyak yang hoax/bohong dengan bertujuan untuk membuat semua orang yang membaca berita tersebut, semakin panik tak karuan.

Jadi, semenjak banyaknya berita hoax yang muncul, saya lebih bijak memilih informasi tentang virus corona, agar saya bisa terhindar dari informasi palsu yang dapat mempengaruhi kesehatan mental saya. Dan biasanya, untuk mendapatkan perkembangan tentang virus corona, saya selalu mendapat informasi terupdate dari WhatsappGrup Fimela Medan, berupa link yang diarahkan kepada website Fimela.

Bermain Tiktok

Aplikasi Tik Tok sudah ada sejak lama, sebelum virus corona muncul. Dan dari dulu, aplikasi ini kurang disukai diberbagai kalangan anak muda, karena penggunanya dinilai terlalu alay. Tapi sekarang, aplikasi Tik Tok menjadi idola disemua kalangan. Dari yang kecil sampai dewasa, dan bahkan ada juga lansia yang turut aktif bermain Tik Tok.

Saya dulu juga kurang suka bermain Tik Tok. Tapi, semenjak pemerintah mengharuskan masyarakat untuk tetap berada di rumah aja, kini aplikasi Tik Tok menjadi aplikasi yang dapat menyenangkan hati saya dan dapat menghilangkan kebosanan yang saya rasakan setiap harinya.

Dengan bermain Tik Tok, saya merasa terhibur dan mendapatkan kebahagiaan, meski dengan melakukan gerakan-gerakan sederhana.

Itulah beberapa aktivitas sederhana yang saya lakukan setiap harinya, untuk menjaga kesehatan mental saya, agar tetap terkendali secara baik dan sehat.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading