Sukses

Lifestyle

Seberapa Efektif Masker Kain Menangkal Virus Corona?

Fimela.com, Jakarta Pemerintah kini mengharuskan masyarakat Indonesia untuk mengenakan masker kain pada saat keluar rumah. Meski aturan ini hanya berlaku di beberapa daerah saja, namun hampir seluruh masyrakat Indonesia kini beralih dari masker medis ke masker kain biasa. 

Pasalnya, masker medis akan diberikan dan dijual untuk keperluan medis agar pasokan dan jumlahnya di rumah sakit rujukan dan rumah sakit lainnya tidak menipis. Karena tim medis lebih membutuhkannya, tulis Liputan6, masker kain yang dapat kamu cuci dan dipakai berkali-kali ini bisa menjadi alternatif dari masker medis. 

Namun, seberapa efektif masker kain ini menangkal virus Corona? Liputan6 melaporkan, masker kain ini cukup untuk menghalau virus Corona. Menurut sebuah studi yang dilakukan Cambridge pada 2013 masker non-medis cukup efektif menahan penularan virus. 

 

Ukuran Virus dan Efektivitas Masker Kain

Sementara itu, SAS-CoV-2 yang menjadi penyebab COVID-19 sendiri memiliki ukuran 0,12 hingga 0,18 mikron. Sehingga, masker bedah efektif melindungi penggunanya hingga 97%. Sementara, bahan kain sejenis lap, Liputan6 menulis, efektif hingga 83% apabila digunakan satu lapis. 

Jadi, jika Sahabat Fimela memiliki masker kain dengan dua lapais, efektivitasnya hampir sama dengan masker bedah, yaitu 93%. Jadi, jangan khawatir ketika kamu hanya mengenakan masker kain di luar rumah, ya! Karena masker ini juga tetap efektif melindungimu dari virus Corona. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading