Sukses

Lifestyle

Rekomendasi Aromaterapi yang Bisa Membantu Menghilangkan Stres

Banyak hal yang bisa membuat pikiran menjadi stres. Stres dapat mengganggu aktivitas sehari. Dan membuat konsentrasi hilang.

Saat orang sedang stres, biasanya orang akan mudah lelah, dan juga emosinya tidak stabil. Berbagai cara bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan stres. Salahnya adalah menggunakan lilin aromaterapi.

Berikut rekomendasi aromaterapi yang bisa membantu menghilangkan stres:

Aromaterapi Chamomile

Minyak chamomile adalah minyak yang diekstraksi dari bunga chamomile. Minyak ini memiliki manfaat yang sangat banyak. Salah satunya untuk menghilangkan stres. Minyak chamomile memiliki aroma yang bisa membantu menenangkan pikiran.

Biasanya stres akan membuat pola tidur menjadi terganggu, dan mengakibatkan insomnia. Aroma chamomile ini bisa membuat pikiran lebih rileks, dan membuat tidur jadi nyenyak.

Aromaterapi Peppermint

Peppermint memiliki aroma yang menyegarkan. Aroma peppermint bisa membantu menghilangkan stres. Peppermint memiliki kandungan mentol, bisa membantu mengurangi tekanan yang ada dalam pikiran.

Selain itu ada kandungan anti inflamasi. Kandungan ini bisa membantu mengurangi tekanan darah. Sehingga tubuh dan pikiran bisa tenang.

Aromaterapi Lavender

Lavender memiliki aroma yang menenangkan. Lavender terkenal dengan manfaatnya yang mampu mengusir nyamuk. Lavender merupakan minyak populer yang disukai perempuan. Karena bisa meningkatkan ketenangan pikiran.

Selain itu aroma lavender juga membantu menghilangkan stres, kecemasan, dan rasa sakit ringan. Aroma dari bunga lavender ini juga bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Aromaterapi Basil

Minyak basil ini diambil dari tanaman obat. Minyak basil memiliki banyak manfaat. Minyak basil berfungsi sebagai penenang, mengurangi kelelahan adrenal, dan mengobati saraf serta otot.

Basil memiliki aroma manis yang alami, serta dapat menghangatkan. Minyak ini bagus digunakan untuk pengobatan internal dan tropikal. Minyak ini juga mampu menghilangkan stres.

Minyak basil juga memiliki fungsi untuk menyegarkan ruangan atau udara. Minyak ini juga berfungsi untuk menghilangkan bakteri serta jamur. Walaupun minyak basil memiliki banyak manfaat, namun minyak ini tidak boleh digunakan pada ibu hamil. Karena bisa mengganggu sistem hormon.

Aromaterapi Mawar

Aroma mawar adalah aroma yang bisa disukai banyak perempuan. Karena aromanya sangat lembut. Minyak mawar memiliki efek yang menenangkan bagi banyak orang. Menurut beberapa studi, minyak mawar bisa membantu mengurangi hormon stres atau penurunan kortisol.

Selain itu aroma mawar ini memiliki kasiat untuk mengontrol detak jantung, dan juga tekanan darah. Setelah menggunakan minyak mawar ini, banyak orang merasa bahwa tingkat stresnya bisa menurun.

Selain stres, aroma mawar ini juga bisa membantu menurunkan depresi. Karena aroma mawar ini mampu melepaskan hormon dopamin.

Kayu Manis

Minyak aromaterapi kayu manis atau cinnamon, bisa memberikan efek kesehatan untuk kinerja otak. Aroma dari kayu manis bisa merangsang dan meningkatkan fungsi memori otak, seta meningkatkan fungsi kognitif.

Aroma kayu manis juga bisa membantu meregangkan otot yang tegang. Karena otot yang tegang bisa menyebabkan stress. Aroma kayu manis bisa memberikan energi positif pada tubuh. Sehingga membantu menghilangkan stres dan memberikan kesehatan pada mental.

Aromaterapi Coklat

Bagi sebagian orang, memakan coklat bisa membantu menghilangkan rasa stres. Sama halnya dengan aromaterapi yang memiliki aroma rasa manis seperti coklat. Aroma coklat bisa membuat tubuh menjadi lebih bersemangat untuk beraktifitas.

Menurut para peneliti, mencium aroma coklat bisa menurunkan tingkat ghrelin pada tubuh.  Selain itu aroma coklat bisa membantu menghilangkan rasa stres.

Aromaterapi Melati

Bunga melati memiliki aroma yang wangi. Bunga melati juga memiliki aroma yang lembut. Aroma dari bunga melati ini, bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi kondisi mental orang.

Aroma dari bunga melati bisa membantu menghilangkan stres, dan meningkatkan suasana hati seseorang. Selain itu aroma bunga melati bisa membantu meredakan nyeri pada saat menstruasi. Karena pada saat menstruasi, perasaan hati akan kacau.

Aroma dari bunga melati juga bisa menciptakan suasana romantis. Sehingga aroma bunga melati ini sangat bagus untuk digunakan.

Aromaterapi Rosemary

Tanaman rosemary biasanya digunakan untuk makanan. Namun aroma dari rosemary ini bisa digunakan sebagai aromaterapi. Aroma rosemary bisa memberikan suasana dan perasaan positif. Sehingga bisa membantu menurunkan hormon kortison, yang memicu munculnya stres.

Aroma rosemary juga bisa membantu meningkatkan daya ingat pada otak. Karena wanginya yang menenangkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading