Sukses

Lifestyle

Serba-serbi Program Kartu Prakerja yang Tembus 3,7 Juta Pendaftar

Fimela.com, Jakarta Program Kartu Prakerja pemerintah akhirnya membuka pendaftaran gelombang I sejak Sabtu, 11 April 2020 pukul 19.00 WIB lewat situs resmi prakerja.go.id. Dan hingga hari ini, Selasa (14/4) jumlah pendaftar program kartu prakerja mencapai 3,7 juta orang melansir dari Liputan6.com.

Antusiasme masyarakat terhadap program kartu prakerja diprediksi akan semakin meningkat imbas dari berkurangnya aktivitas ekonomi saat pandemi virus corona atau Covid-19.  Terutama bagi mereka yang terpaksa di-PHK (pemutusan hubungan kerja) serta pelaku UKM (usaha kecil menengah) yang terdampak Covid-19.

 

Pendaftaran ditutup pada hari Kamis 16 April 2020. Lalu pengumuman penerima manfaat Kartu Prakerja pada Jumat 17 April 2020. 

Sebenarnya apa, sih, program kartu prakerja, siapa saja yang berhak menerimanya, bagaimana syarat mendaftar? Simak serba-serbi kartu prakerja di bawah ini;

 

1. Apakah yang dimaksud Kartu Prakerja?

Kartu Prakerja adalah program peningkatan kompentensi kerja yang diberikan dalam bentuk pembiayaan pelatihan dan insentif pasca pelatihan. Setiap peserta hanya bisa menerima bantuan ini sekali seumur hidup.

 

 

 

2. Apakah hanya pengangguran yang bisa mendapat Kartu prakerja?

Tidak. Orang yang sudah bekerja dan berwirausaha boleh mendaftar program Kartu Prakerja.

Namun saat ini Kartu Prakerja juga diprioritaskan untuk para pekrja dan pelaku usaha kecil yang terdampak oleh pandemi Corona.

 

3. Apa saja syarat yang harus dipenuhi saat mendaftar?

Berusia di atas 18 tahun, tidak sedang sekolah/kuliah, dan untuk mendahulukan masyarakat yang belum menerima bantuan sosial dari pemerintah dengan prioritas pekerja yang di-PHK dan pelaku UKM yang terdampak pandemi Corona Covid-19.

 

 

4. Apakah pendaftaran hanya bisa diakses secara online?

Ya, pendaftaran hanya bisa dilakukan melalui website resmi Prakerja . Bagi yang telah didata melalui Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah terutama lewat dinas-dinas ketenagakerjaan, Pariwisata, Koperasi, dan UKM, tetap melakukan pendaftaran di situs prakerja.

 

5. Bagaimana Proses Verivikasi Setelah Pendaftaran?

"Verifikasi data calon peserta program dilakukan melalui pengecekan dengan database kependudukan (Dukcapil) di Kemendagri, Data Pokok Kependidikan (Dapodik) di Kemendikbut, dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial.

 

 

6. Apakah bantuan Kartu prakerja diberikan secara tunai?

Tidak. Bantuan akan diberikan secara non-tunai melalui mitra platform dan mitra pembayaran resmi Kartu Prakerja.

 

 

7. berapa kali bantuan Kartu Prakerja diberikan?

Bantuan akan diberikan 8 kali dalam bentuk:

a. Biaya pelatihan senilai Rp 1 juta (1 kali)

b. Insentif pasca pelatihan senilai Rp 600 ribu (4 kali)

c. Insentif survei kebekerjaan senilai Rp 50 ribu (3 kali)

Sehingga total bantuan yang didapat pemegang Kartu Prakerja adalah Rp3.550.000.

Simak Video Menarik Berikut Ini

#ChangeMaker 

;
Loading