Sukses

Lifestyle

Daftar Makanan dan Minuman yang Wajib Kamu Siapkan Untuk Menyambut Ramadan

Fimela.com, Jakarta Ramadan akan datang sebentar lagi, tinggal menghitung hari, kita akan segera berjumpa dengan bulan yang penuh berkah. Walaupun tengah dilanda wabah virus corona, tetapi semangat untuk menyambut bulan ramadan tidak boleh berkurang.

Biasanya ketika ramadan, salah satu hal yang menyenangkan ialah menyiapkan makanan dan minumannya. Ada banyak makanan dan minuman khas ala ramadan yang tidak pernah absen selalu hadir menemani waktu berbuka dan sahur. Selain waktu berbuka dan sahur, masyarakat pasti sudah familiar dengan momen ngabuburit.

Ngabuburit adalah waktu dimana akan menjelang berbuka, orang-orang akan sibuk berbelanja banyak makanan untuk disantap pada saat berbuka. Tetapi jangan khawatir, selama pandemi ini berlangsung, kamu tetap bisa menikmatinya dengan memasak sendiri di rumah.

Buat kamu yang sudah mulai penasaran dengan makanan dan minuman khas ala ramadan, simak baik-baik artikel ini. Fimela.com kali ini akan merilis informasi mengenai daftar makanan dan minuman yang wajib kamu siapkan untuk menyambut ramadan. Cek daftarnya berikut ini.

Buah Kurma

Daftar makanan yang pertama harus kamu siapkan untuk menyambut datangnya bulan suci ramadan ialah buah kurma. Buah kurma biasanya disarankan sebagai menu utama saat berbuka puasa atau biasa disajikan sebagai takjil.

Ada alasannya mengapa buah kurma wajib untuk dihidangkan saat berbuka puasa, alasannya karena buah ini mengandung banyak manfaat. Manfaat yang pertama diantaranya ialah dapat menghilangkan rasa lapar dan cocok bagi kamu yang sedang ingin diet karena rasa laparmu akan cepat hilang ketika memakan buah kurma.

Pada saat berbuka puasa tentunya kamu disarankan untuk makan makanan yang mudah dicerna seperti buah kurma. Selain mudah dicerna oleh tubuh, buah kurma juga memiliki banyak nutrisi untuk menggantikan energi tubuh yang telah terpakai berjam-jam pada saat puasa.

Ketupat

Makanan yang satu ini tentunya bukan hanya makanan wajib tetapi juga menjadi ikon dari bulan suci ramadan. Ketupat adalah hidangan khas ramadan berbahan dasar beras yang dibungkus oleh ayaman daun kelapa.

Dapat dikatakan bahwa ketupat adalah cara lain untuk kamu dapat memakan nasi karena bentuknya mirip seperti lontong tetapi dengan bentuk yang berbeda. Biasanya orang-orang mengganti nasi dengan ketupat untuk disantap selama ramadan, hal ini bertujuan agar suasana ramadan semakin kental dan terasa.

Cara membuat ketupat sangat mudah dan pastinya kamu bisa membuatnya juga di rumah. Kamu hanya memerlukan beras dan anyaman daun kelapa, Memasaknya juga mudah, hanya perlu direbus saja dan setelahnya kamu sudah bisa langsung menyantap ketupat.

 

Kolak Pisang

Selanjutnya, daftar makanan yang juga harus kamu siapkan adalah kolak pisang. Makanan yang biasanya disajikan saat berbuka puasa ini memang menjadi menu andalan saat bulan puasa. Rasanya yang manis perpaduan antara gula merah dan santan langsung menuntaskan dahagamu setelah berpuasa berjam-jam.

Tidak perlu khawatir, kolak pisang ini sangat mudah dibuat di rumah dengan bahan-bahannya yang ekonomis. Kamu hanya perlu menyiapkan pisang, labu, kolang-kaling, gula pasir, santan, dan gula jawa. Ada banyak resep kolak pisang yang praktis dan mudah yang bisa kamu cari di internet.

Es Blewah

Minuman yang wajib kamu siapkan untuk menyambut ramadan adalah es blewah. Es blewah sangat segar dan manis, biasanya disajikan untuk melengkapi momen berbuka puasa, bisa diminum untuk berbyka atau menjadi dessert setelah menghabiskan makanan berat.

Es blewah berbahan dasar buah blewah, cincau, dan selasih yang dicampur dengan es dan sirup, pasti sudah terbayang segarnya. Es blewah sangat cepat menuntaskan dahaga dan mengganti energi yang sudah habis terpakai saat berpuasa.

Es Timun Suri

Minuman lainnya yang wajib kamu siapkan untuk menyambut ramadan adalah es timun suri. Es timun suri juga bisa dikatakan merupakan ikon dari bulan ramadan karena ada banyak iklan komersial yang menggunakan es timun suri sebagai objeknya untuk menggambarkan bulan ramadan.

Es timun suri rasanya juga tidak kalah segar dari es blewah, potongan buah timun suri yang lembut bercampur dengan biji selasih dan sirup manis pasti sangat menggugah selera. Buat kamu yang ingin mencobanya, kamu bisa membuatnya di rumah karena es timun suri ini sangat praktis dan mudah untuk dibuat.

;
Loading