Sukses

Lifestyle

Waspada, Riset Terbaru Sebut Virus Corona Bisa Menyebar Melalui Sepatu

Fimela.com, Jakarta Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa virus corona atau COVID-19 dapat hidup pada permukaan seperti kaca, plastik, besi, dan kardus. Penelitian terbaru pun menunjukkan bahwa virus corona dapat menyebar melalui sepatu.

Seperti dilansir dari Boldsky pada Rabu (15/4/2020) penyebaran terbesar dari virus corona adalah melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi. Namun sebuah laporan penelitian yang diterbitkan di Centers for Disease Control and Prevention menyebut bahwa sepatu bisa menjadi pembawa yang sangat efektif terhadap virus corona.

Selama penelitian, para peneliti mengumpulkan sampel swab dari lantai, mouse komputer, masker pasien, tong sampah, pegangan tangan di rumah sakit, peralatan pelindung pribadi, dan outlet udara di unit perawatan intensif dan ruang perawatan virus corona di sebuah rumah sakit di Wuhan, Cina.

Hasilnya, ketahanan virus jauh lebih tinggi pada hasil pengujian di lantai. Hal ini dimungkinkan karena gravitasi dan aliran udara yang menyebabkan sebagian besar tetesan virus mengendap di lantai. Selain itu, pekerja medis akan berjalan di sekitar bangsal dan itulah yang menyebabkan sol sepatu pekerja medis ICU dinyatakan positif menjadi pembawa virus corona.

 

Sepatu bisa jadi pembawa virus corona

Studi ini pun membuktikan bahwa sepatu yang dikenakan para petugas medis dapat secara efektif menularkan virus corona. Sepatu menjadi tempat berkembang biaknya bagi banyak bakteri dan virus karena sepatu bersentuhan dengan kuman dan kotoran saat kita berada di luar. Kemudian di bawa masuk ke rumah dan menyebarkan virus.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan sepatu dan menjauhkan virus dari orang-orang tersayang. Seperti misalnya melepas sepatu sebelum masuk rumah, disinfeksi sepatu atau sandal, gunakan alas kaki yang berbeda ketika berada di dalam dan di luar ruangan.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading