Sukses

Lifestyle

Keutamaan dan Hikmah Makan Sahur, yuk Pahami agar Ramadan Penuh Berkah

Fimela.com, Jakarta Bagi yang tak terbiasa bangun dini hari, bangun sebelum subuh untuk makan sahur selama bulan Ramadan mungkin terasa sangat sulit. Memang akan butuh pembiasaan dulu pada awal-awal puasa. Saat kita sudah mulai terbiasa, maka bangun untuk makan sahur akan terasa lebih ringan.

Waktu makan sahur dimulai dari pertengahan malam sampai terbitnya wajar. Mengutip buku 500 Rahasia Islami Pencerah Jiwa, makan sahur memiliki sejumlah keutamaan dan hikmah. Yuk kita pahami bersama supaya bulan Ramadan kali ini bisa makin penuh berkah.

Dua Keutamaan Makan Sahur

Keutamaan makan sahur adalah bisa mendatangkan rahmat dan mendapatkan berkah. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Allah dan malaikat-Nya memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada orang-orang yang sahur.” (HR. Thabrani dan Ibnu Hibban dari Ibnu Umar ra.) Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga bersabda, “Sahurlah kamu sekalian, karena di dalam sahur itu ada berkahnya.” (HR. Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik ra.)

Dua Hikmah Makan Sahur

Makan sahur dapat menguji ketakwaan kita kepada Allah SWT tentang sejauh mana kita mengikuti sunnah Rasulullah SAW. Dan, bagi yang menjalankan sunnah Nabi SAW tentu saja mendapatkan pahala dari Allah SWT. Hikmah kedua dari makan sahur adalah dari segi kesehatan dapat memberikan cukup energi bagi tubuh untuk bisa menunaikan ibadah puasa.

Siapkan menu sahur sebaik-baiknya dan niatkan makan sahur untuk menggapai pahala dan berkah Ramadan. Semoga Ramadan ini bisa jauh lebih baik dari bulan-bulan sebelumnya, ya.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading