Sukses

Lifestyle

7 Cara Nyata Memberdayakan Sesama Perempuan di Hari Kartini

Fimela.com, Jakarta Peran ibu RA Kartini begitu besar bagi perempuan Indonesia. Tanpa keberanian dan pemikiran terbuka yang dimiliki oleh RA Kartini, rasanya agak sulit bagi perempuan Indonesia untuk maju dan berdaya.

Memperingati Hari Kartini yang jatuh di hari ini, bisa dilakukan dengan menilik kembali makna memberdayakan perempuan yang belakangan banyak dilakukan oleh para aktivis. Yang menjadi pertanyaan kali ini, benarkah yang kita lakukan adalah bagian dari pemberdayaan perempuan? Apa saja hal yang sebenarnya bisa dilakukan untuk memberdayakan sesama perempuan?

Fimela pun telah merefleksikan diri seperti apa pemberdayaan perempuan yang secara nyata memberikan dampak bukan hanya bagi sesama perempuan, tetapi juga bagi mereka yang membutuhkan dukungan dan pertolongan. Cara nyata apa saja yang bisa kita lakukan?

1. Mendukung ketersediaan air bersih

Bagi perempuan yang hidup di kota, air bersih adalah hal kecil yang mudah didapat. Namun tidak bagi mereka yang tinggal di wilayah kering atau bahkan dekat dengan industri pabrik. Mereka kesulitan mendapatkan akses bersih dan layak untuk dikonsumsi. Taruhannya adalah kesehatan mereka yang membuatnya tidak bisa berkembang secara individu. Mungkin, terlihat sepele. Namun, berawal dari kesulitan air bersih bisa membuat seseorang pun sulit mendapat kehidupan yang lebih baik. Beberapa lembaga kemanusiaan dan lingkungan hidup aktif bergerak untuk membantu menyediakan air bersih. Kamupun bisa ambil bagian dalam gerakan tersebut untuk memastikan semua orang mendapatkan kehidupan yang layak.

2. Memberikan dukungan pada perempuan korban kekerasan

Meski sudah digalakkan emansipasi, tidak membuat perempuan lepas dari pelecehan dan kekerasan. Mereka yang masih terjerat dalam lingkup pelecehan dan kekerasan kebanyakan karena tidak memahami harus mengaduh dan berlindung ke mana. Sebagai sesama perempuan, kamu bisa memberikan dukungan moral yang penting dalam pemulihan mentalnya. Sembari kamu mengarahkan orang tersebut kepada lembaga atau organisasi yang fokus pada pelecehan dan kekerasan perempuan. Sehingga siklus kekerasan pada perempuan dan anak bisa diakhiri.

 

3. Menjadi mentor

Banyak anak perempuan yang tumbuh dalam kemiskinan, kurangnya pendidikan formal, hingga kekerasan remaja. Anak perempuan yang berada dalam lingkup ini membutuhkan bimbingan dan arahan sehingga potensi yang dimilikinya bisa muncul dan tersalurkan. Kamu bisa menjadi relawan di sebuah organisasi sebagai mentor atau pembimbing.

4. Investasi pada bisnis kecil

Banyak perempuan yang kini lebih diberdaya melalui UMKM. Mereka yang memiliki keahlian dalam kerajinan tangan dan kuliner diberdayakan untuk membantu memutar roda perekonomian. Namun tidak sedikit yang kesulitan untuk bertumbuh karena kurangnya modal. Kamupun bisa menjadi investor bagi bisnis UMKM ini. Secara tidak langsung kamu memberi kesempatan pada mereka untuk bertumbuh sekaligus menjadi ladang investasi yang menguntungkan.

5. Anak perempuan harus tetap sekolah

Ini semangat ibu Kartini dalam mengejar cita-citanya. Menurutnya, ketika anak perempuan tetap bersekolah dan menyelesaikan pendidikannya, banyak hal baik yang terjadi pada mereka dan keluarganya. Mereka bisa menikmati kesehatan yang lebih baik sekaligus menjadi contoh ibu yang baik bagi anak-anaknya kelak.

6. Membantu ibu muda

Kebanyakan ibu muda merasa kaget dan kewalahan dengan kehidupan baru yang ia jalani bersama anak dan suaminya. Ketika anaknya memasuki usia sekolah akan ada lebih banyak lagi kejutan yang membuat sang ibu makin kewalahan. Sehingga penting untuk tetap memberi dukungan dan arahan agar sang ibu mampu mendidik sang anak di usia emasnya.

7. Memberikan sentuhan personal

Yang namanya perempuan akan merasa tersentuh dengan hal kecil yang menurut mereka istimewa. Sesederhana mengucapkan terima kasih pada guru atau membawakan kopi yang diselipkan pesan penyemangat. Ada semangat dan motivasi tambahan untuk mendorong mereka tetap berjuang dan merasa dihargai.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading