Sukses

Lifestyle

Rekomendasi Makanan Mengandung Probiotik yang Harus Dikonsumsi untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Probiotik merupakan bakteri baik, yang bisa menyehatkan usus, dan membantu penyerapan nutrisi pada sistem pencernaan. Makanan dan minuman yang mengandung probiotik, bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Dokter atau ahli nutrisi sering sekali merekomendasikan pasien untuk mengonsumsi probiotik, setelah pasien mengonsumsi antibiotik, untuk mengembalikan fungsi bakteri baik pada tubuh. Probiotik memiliki banyak jenis, namun yang sering kita temukan adalah probiotik jenis lactobacillus dan bifidobacterium.

Lactobacillus merupakan jenis probiotik yang sering ditemukan, yang bisa membantu mengobati dan mencegah diare, serta membantu untuk mencerna laktosa. Bifidobacterium merupakan jenis probiotik yang jarang ditemukan, namun probiotik yang satu ini, bisa membantu meringankan gejala sindrom iritasi pada usus.

Berikut rekomendasi makanan mengandung probiotik, yang harus dikonsumsi untuk kesehatan:

Yogurt

Yogurt merupakan makanan yang memiliki kandungan probiotik terbaik. Maknan ini terbuat dari susu yang difermentasi dengan lactobacillus, bifidobacterial dan juga bakteri asam laktat. Yogurt merupakan pilihan terbaik untuk dikonsumsi orang yang alergi terhadap laktosa, dan juga orang yang sedang sakit diare.

Yogurt juga dipercaya bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang, dan bisa membantu mengontrol tekanan darah. Tidak semua yogurt yang dijual dipasaran mengandung probiotik, maka saat membeli produk yogurt, harus diperhatikan kandungan yang tercantum pada kemasan yogurt.

Tempe

Tempe merupakan makanan yang sangat terkenal d Indonesia. Tempe dikenal karena memiliki kandungan protein yang tinggi, dan bisa digunakan sebagai pengganti daging. Tempe juga merupakan makanan yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Ternyata tempe mengandung probiotik, yang sangat baik dikonsumsi bagi kesehatan.

Kandungan yang ada pada tempe setara dengan daging dan susu, sehingga tempe bisa dikonsumsi pada saat sedang melakukan diet. Tempe memiliki antibiotik alami, yang bisa membantu membunuh bakteri jahat pada tubuh.

Kefir

Selain dikenal sebagai masker jerawat, ternyata kefir juga bisa dikonsumsi sebagai susu, yang memilki banyak sekai manfaatnya. Kefir merupakan fermentasi antara susu dan juga biji kefir, yang menghasilkan kandungan probiotik.

Jika di gunakan sebagai masker kulit, kandungan pada kefir memiliki manfaat untuk memperbaiki jaringan kulit, mengatasi peradangan dan menyembuhkan jerawat. Kefir bisa dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mencegah perkembangan bakteri patogen dalam usus.

Minuman kefir baik dikonsumsi karenan mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin K dan juga vitamin E. Kefir bisa membantu menurunkan berat badan, jika dikonsumsi dengan campuran madu atau jahe. Susu kefir yang dicampur dengan apel, bisa membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu mengonsumsi kefir bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, menstabilkan fungsi hati, serta melancarkan sirkulasi darah.

Cuka Apel

Cuka apel adalah minuman yang difermentasi dari sari buah apel. Cuka apel memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit maupun kesehatan. Cuka apel yang difermentasi mengandung kandungan probiotik, yang bagus untuk melancarkan sistem pencernaan. Cuka apel bisa berguna untuk mendetoksifikasi tubuh, karena kandungan probiotik membuat sistem pencernaan lancar.

Cuka apel yang dijadikan toner juga bisa membantu mengeringkan jerawat. Cuka apel banyak memiliki manfaat, namun jangan terlalu banyak takarannya, karena tidak terlalu baik jika dikonsumsi terlalu banyak.

Kombucha

Kombucha merupakan fermentasi dari teh hitam atau juga teh hijau. Kombucha ini berasal dari jepang, dan sudah terkenal selama lebih dari 2.000 tahun. Kombucha dibuat dengan fermentasi teh dicampur dengan bakteri dan ragi, yang memiliki manfaat probiotik.

Kombucha bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh, karena kombucha bisa melancarkan sistem pencernaan, sekaligus membantu melancarkan sistem detoksifikasi dalam hati. Kombucha juga bsia membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu bisa membantu mencegah kanker.

Keju

Keju yang terbuat dari susu sapi dan kambing, mengandung probiotik yang tinggi. Keju memiliki banyak prebiotik, termasuk bifidus, thermophilus dan acidophilus.

Keju bisa membantumeningkatkan kadar kolesterol yang baik untuk tubuh. Keju juga bermanfaat untuk mengontrol hormon pada tubuh. Probiotik pada keju bisa membantu untuk menguatkan tulang dan persendian, sehingga bisa mencegah osteoporosis.

Kimchi

Kimchi merupakanan makanan khas dari Korea. Kimchi terbuat dari sayuran sawi yang sudah di fermentasi. Kimchi yang difermentasi bisa menghasilkan probiotik lactobacillus, yang bermanfaat untuk kelancaran sistem pencernaan.

Kimchi juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, dan bisa membantu mengobati sembelit. Mengonsumsi kimchi juga bsia membantu menyembuhkan penyakit lambung, dan juga penyakit usus.

;
Loading