Sukses

Lifestyle

3 Amalan pada Bulan Ramadan yang Bisa Dilakukan di Tengah Pandemi Covid-19

Fimela.com, Jakarta Kedatangan bulan suci Ramadhan pasti sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Mereka semua menunggu datangnya bulan penuh berkah yang terdapat banyak keistimewaan. Seperti hadis yang diriwayatkan Ahmad dan Nasai bahwa saat bulan Ramadhan tiba, terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan.

“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah SWT mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan dibelenggu; juga terdapat dalam bulan ini malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yang tidak memperoleh kebaikannya, maka ia tidak memperoleh apa-apa.” (HR Ahmad dan Nasai).

Sebagai umat muslim tentunya kesempatan ini jangan sampai disia-siakan. Hal ini karena pahala pada bulan ramadhan memiliki keistimewaan jika dibandingkan dengan bulan lainnya. Pada bulan ramadhan, semua amalan dilipatgandakan pahalanya.

Walaupun saat ini kita harus menjalankan ibadah puasa ditengah pandemi Covid-19, tetapi tidak menyurutkan semangat untuk melaksanakan berbagai amalan di bulan suci ramadhan. Kamu tetap bisa melakukan berbagai amalan dan mendapat keberkahan.

Kalau kamu penasaran, simak artikel berikut ini, 3 amalan pada bulan ramadhan yang bisa dilakukan ditengah pandemi Covid-19.

Memberi Makan Orang yang Sedang Berpuasa

Amalan pada bulan ramadhan yang bisa kamu lakukan ditengah pandemi Covid-19 ialah memberi makan orang yang sedang berpuasa. Momen memberi makan orang yang sedang berpuasa bisa dilakukan saat memberi takjil.

Jika kamu khawatir keluar rumah dengan memberikan makanan, kamu bisa memberikan makanan yang kamu siapkan di masjid-masjid terdekat atau menyalurkannya melalui organisasi sosial yang menawarkan jasa donasi sehingga kamu tetap bisa melakukan amal ini tanpa takut terkena virus corona.

Rasulullah SAW bersabda, “siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadit ini shahih).

Melalui hadits tersebut kita mengetahui bahwa dengan memberi makan orang yang berpuasa, maka kita akan mendapatkan pahala seperti halnya orang yang sedang berpuasa tersebut dan tidak mengurangi pahala orang yang sedang berpuasa tersebut.

Melakukan Tadarus dan Memperbanyak Dzikir

Tadarus atau membaca Alquran memiliki kemuliaan besar apabila dilaksanakan pada bulan ramadahan. Tadarus tentunya merupakan salah satu amalan terbaik yang sayang jika dilewatkan.

Membaca Al-Quran memang sebaiknya dilakukan setiap hari tidak hanya pada saat bulan ramadhan saja, namun jika dilakukan pada bulan ramadhan akan terasa lebih istimewa karena pada bulan ramadhan itulah Al-Quran diturunkan.

Membaca satu huruf Alquran akan diberikan sepuluh kebaikan. Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadisnya, yang berbunyi, "Nabi Muhammad saw: puasa dan Alquran keduanya akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat…,” (HR. Ahmad dan Al-Hakim).

Selain bertadarus, umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dan memohon ampun kepada Allah. Allah berfirman di Alquran surat Al-Dzaariyat ayat 18, yang artinya: - Beristighfar di waktu sahur, seperti yang Allah firmankan, “Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” (QS. Al-Dzaariyat: 18)

Memperbanyak Sedekah

Selanjutnya, amalan pada bulan ramadhan yang bisa kamu lakukan ditengah pandemi Covid-19 adalah memperbanyak sedekah. Ada banyak cara untuk bersedekah tanpa perlu khawatir akan tertular wabah virus corona.

Beberapa orang berinisiatif untuk mengadakan donasi secara online agar hasilnya jauh lebih banyak dan juga bisa menjangkau lebih banyak orang agar bersama-sama bersedekah membantu mereka, masyarakat yang terdampak virus corona.

Jika tidak dengan donasi online, kamu juga bisa menyalurkan bantuan ke lembaga-lembaga amal terpercaya atau organisasi sosial yang biasa menyantuni anak yatim serta fakir miskin.

Memperbanyak sedekah pada bulan ramadhan merupakan amalan yang sangat mulia apalagi dilakukan pada saat wabah seperti sekarang ini karena ada banyak orang yang kesulitan ekonomi hingga tidak bisa makan karena kehilangan mata pencaharian.

Dengan memberi sedekah, kita melatih rasa empati terhadap sesama yang sedang membutuhkan bantuan. Imam Izzudin al-Sulami mengatakan orang yang berpuasa ketika dia merasakan lapar, dia mengingat rasa lapar itu. Hal itulah yang memberikan dorongan kepadanya untuk memberi makan pada orang yang lapar. (Imam Izzuddin bin Abdissalam al-Sulami, Maqâshid al-Shaum, hlm 16).

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading