Sukses

Lifestyle

Perayaan 50 Tahun Hari Bumi Secara Virtual Selama 24 Jam Nonstop

Fimela.com, Jakarta Hari ini 50 tahun sudah kita memperingati Hari Bumi tiap 22 April. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, perayaan Hari Bumi kali ini diisi tanpa adanya kerumunan orang dan kampanye lingkungan hidup secara fisik akibat pandemi virus corona.

Sebagai gantinya, Hari Bumi tahun ini dirayakan secara virtual yang melibatkan pemimpin dunia, musisi, aktor, hingga aktivis.

"Kita menemukan diri kita sendiri hari ini di dunia yang menghadapi ancaman global membutuhkan respons kompak global. Untuk Hari Bumi 2020, kami akan membangun sebuah generasi baru aktivis-aktivis lingkungan, melibatkan jutaan masyarakat seluruh dunia,” kata Earth Day Network President Kathleen Rogers mengutip dari laman earthday.org.

Perayaan Hari Bumi tahun inipun akan digelar secara virtual selama 24 jam nonstop. Perayaan juga diisi oleh pesan-pesan, berbagai pertunjukkan, hingga ajakan kuat untuk bertindak dalam mengatasi perubahan iklim di laman Earth Day Network dan Twitter.

 

Google Doodle

Google pun ikut merayakan Hari Bumi melalui Google Doodle. Google Doodle hari ini menampilkan gambar bumi dengan nuansa hijau dan dipenuhi oleh pepohonan. Seekor lebah meramaikan ilustrasi dengan sayapnya ynag bergerak.

Ketika meng-klik ilustrasi Google Doodle tersebut, kamu akan disuguhkan dengan cerita peran penting lebah dalam proses pertumbuhan tanaman dan penyediaan bahan pangan. Ilustrasinya yang menarik, membuat cerita ini bisa dinikmati oleh anak-anak dan bisa menjadi bagian dari edukasi.

Pemilihan lebah sebagai ikon pada ilustrasi Hari Bumi di Google Doodle karena lebah sendiri memiliki peranan penting dalam ketahanan pangan. Menurut organisasi pangan dunia FAO (Food and Agriculture Organization) menyebut bahwa setiap tiga dari empat lahan pertanian yang memproduksi buah dan biji-bijian yang dikonsumsi manusia bergantung pada hewan penyerbuk. Lebah adalah satu dari sekian banyak hewan penyerbuk yang ada di dunia.

Jangan anggap sepele proses penyerbukan. Justru peran hewan seperti lebah berkontribusi dalam penyediaan makanan yang sehat dan bernutrisi bagi manusia. Melalui penyerbukan, tumbuhan bisa memiliki pertumbuhan yang lebih baik.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading