Sukses

Lifestyle

7 Manfaat Beras Cokelat untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Beras cokelat adalah beras yang memiliki warna coklat. Beras ini berwarna cokelat karena yang dikelupas adalah kulit ari beras, dan tidak diolah sampai menjadi beras putih. Beras cokelat jarang dikonsumsi, karena kebanyakan masyarakat hanya mengonsumsi beras putih atau beras merah. Padahal, beras coklat memiliki banyak sekali manfaat.

Beras cokelat memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan, karena mengandung banyak serat. Dan serat tersebut bisa memenuhi kalori harian pada tubuh. Selain itu beras cokelat juga mengandung mineral seperti kalsium dan zat besi. Beras cokelat juga mengandung natrium, serta memiliki kandungan protein.

Kandungan-kandungan yang terdapat dalam beras cokelat, sangat bagus dikonsumsi, dan berikut manfaat beras cokelat untuk kesehatan tubuh:

Menurunkan Berat Badan

Beras cokelat sangat bagus dikonsumsi pada saat diet, karena mengandung serat, dan bisa membantu menurunkan berat badan. Beras cokelat mengandung serat, jika dikonsumsi dengan porsi yang lumayan besar, tidak akan menambah kalori pada tubuh.

Selain itu beras cokelat juga bisa membantu mengurangi lemak di tubuh. Tidak seperti beras putih yang memiliki jumlah kalori tinggi, dan bisa membuat lemak menumpuk. Beras cokelat mengandung serat yang tidak larut dalam air, sehingga membuat serat lebih lama bertahan di dalam usus, dan membuat perut terasa kenyang.

Bisa Membantu Mencegah Diabetes

Biasanya orang yang memiliki penyakit diabetes, sangat dilarang mengonsumsi beras putih, karena beras putih mengandung gula yang banyak. Mengonsumsi beras cokelat bisa membantu mengontrol gula darah di dalam tubuh. Tidak seperti beras putih, yang mempunyai jumlah karbohidrat yang tinggi.

Beras cokelat ini tidak memiliki kandungan gula yang tinggi, sehingga aman dikonsumsi orang yang memiliki diabetes, dan membuat perut kenyang lebih lama.

Mencegah Penyakit Jantung

Beras cokelat memiliki kandungan serat yang banyak. Mengonsumsi beras coklat bisa membantu mencegah penyakit jantung, atau gangguan sistem pembuluh darah. Sebuah penelitian di Amerika meneliti, beras cokelat memiliki jaringan lapisan, yang dapat mencegah meningkatknya resiko terjadinya aterosklerosis.

Aterosklerosis adalah pengerasan pembuluh darah, atau yang sering disebut tekanan darah tinggi, yang bisa menyebabkan seseorang terkena serangan jantung.

Membantu Mencegah Kanker

Beras cokelat memiliki kandungan antioksidan, yang memiliki manfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, yang menjadi penyebab berbagai penyakit berbahaya seperti kanker. Kandungan antioksidan yang ada pada beras cokelat, juga bisa membantu melindungi kulit, dari masalah tanda-tanda penuaan dini.  Maka dari itu, beras cokelat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, agar tubuh terhindar dari penyakit kanker.

Membantu Sistem Pencernaan

Beras cokelat sangat baik dikonsumsi karena mengandung serat. Serat yang terdapat pada beras cokelat, bisa membantu melancarkan sistem pencernaan.

Kandungan serat yang tinggi pada beras cokelat, membantu meningkatkan sistem kerja usus, dan membantu membuat perut terasa kenyang lebih lama. Serat yang terkandung pada beras cokelat, bisa membantu mencegah penyakit sembelit, sehingga perut terasa lebih nyaman.

Beras cokelat juga sangat bagus dikonsumsi bagi penderita radang usus besar. Karena beras cokelat memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, yang tidak mudah larut dalam air.

Melindungi Sel Kekebalan Tubuh

Beras cokelat juga memiliki kandungan antosianin. Antosianin merupakan senyawa antioksidan, yang bisa mencegah radikal bebas.

Antioksidan jenis antosianin yang terkandung dalam beras cokelat, bisa membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, yang diakibatkan oleh radikal bebas. Dengan rajin mengonsumsi beras cokelat, maka sel imun tubuh akan terlindungi, dan tidak akan mudah terserang penyakit yang disebabtkan virus.

Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah rendah bisa menyebabkan penyakit anemia. Anemia sering terjadi pada seseorang yang lelah menjalani aktivitas. Namun anemia sering tidak disadari seseorang.

Beras cokelat sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah, dan membantu mengatasi anemia, yang terjadi pada tubuh manusia.

Beras cokelat juga memiliki kandungan zat besi, yang bisa memabantu menstabilkan tekanan darah, dan membuat seseorang tidak mudah terserang penyakit.

;
Loading