Sukses

Lifestyle

Cintai Bumi, Ini 6 Tips Simpan Makanan di Kulkas untuk Mengurangi Sampah Plastik

Fimela.com, Jakarta Jika suka memasak dan menyimpan bahan makanan di rumah untuk persediaan, tentu harus bisa menata isi kulkas agar muat dan tidak berantakan. Salah satu cara paling mudah menyimpan bahan makanan memang dengan plastik yang sekali pakai. Namun menggunakan plastik sekali pakai tampak sayang karena sampah plastik juga sulit diuraikan.

Nah, untuk mengurangi sampah plastik setiap harinya, bisa dimulai dengan memerbaiki cara menyimpan buah dan sayur di kulkas.

1. Wadah yang bisa dipakai berulang

Tidak masalah memiliki beberapa wadah plastik di rumah, tapi pastikan bisa dipakai berulang kali, misalnya toples makanan. Buah dan sayur cukup dipotong-potong setelah dibersihkan dan disimpan di dalam toples plastik. penggunakan plastik jangka panjang ini sangat membantu mengurangi kresek plastik yang sekali pakai.

2. Bungkus kertas

Daripada plastik, gunakan kertas roti atau kertas bungkus makanan agar awet di kulkas. Bungkus kertas juga berfungsi menyerap lembap pada bahan makanan yang mudah busuk seperti daun bawang, seledri dan lainnya.

3. Rendam air

Untuk beberapa makanan seperti kangkung, wortel, kemangi, dan seledri ternyata bisa disimpan tanpa harus menggunakan plastik maupun ditaruh di kulkas. Caranya, ambil bak atau wadah mangkuk, rendam di dalam air. Sayur bisa bertahan beberapa hari.

4. Simpan suhu ruangan

Beberapa makanan tak harus ditaruh di kulkas seperti pisang, jeruk, tomat, kentang dan berbagai buah dengan kulit tebal. Cukup ditaruh di meja selama sirkulasi udara bagus, sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung.

5. Besek bambu

Jika punya besek anyaman bambu, bisa juga digunakan untuk menaruh sayur dan buah di dalam kulkas maupun di ruangan. Bambu lebih alami dan mampu mnyerap lembap sehingga bahan makanan tidak mudah busuk, seprti menyimpan bawang putih, bawang merah dan berbagai bumbu dapur segar seperti kunyit, lengkuas, jahe dan lainnya.

6. Membawa tas belanja

Pastikan dulu setiap belanja Sahabat Fimela membawa tas belanja agar penjual tidak perlu menyediakan bungkus plastik untuk mmebawa makanan sehingga bisa mengurangi sampah plastik setelah sampai di rumah.

Itu dia sekian cara menyimpan bahan makanan di kulkas agar tak perlu menambah sampah plastik di rumah.

#ChangeMaker with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading