Sukses

Lifestyle

4 Tips agar Anak Tidak Rewel saat Ikut Sholat Tarawih

Fimela.com, Jakarta Mengajak anak ketika akan mengerjakan sholat tarawih pastinya menjadi dilemma tersendiri bagi orangtua. Disatu sisi, orangtua ingin mulai memperkenalkan dan mengajarkan sholat tarawih kepada anak namun, disisi lain juga memiliki kekhawatiran apakah mereka dapat mengontrol sang anak atau tidak.

Perilaku anak yang tidak bisa ditebak membuat para orangtua pastinya was-was dan kerepotan, apalagi berada ditempat ibadah yang diisi oleh banyak orang. Sekalipun sholat tarawih dilaksanakan di rumah, kewajiban untuk menjaga anak juga harus tetap dilakukan.

Ada beberapa cara sebenarnya yang bisa dilakukan oleh orangtua agar anak tidak rewel saat diajak ikut sholat tarawih. Dengan cara ini, para orangtua pasti bisa fokus beribadah karena tidak terganggu dengan kejahilan anak.

Buat para orangtua yang mulai penasaran bagaimana caranya mengontrol sikap anak, perlu menyimak informasi berikut ini. Fimela.com akan membagikan 4 tips agar anak tidak rewel saat ikut sholat tarawih. Cek semua tipsnya berikut ini.

Pastikan Anak Sudah Cukup Makan

Tips agar anak tidak rewel yang pertama ialah memastikan bahwa sang anak sudah mendapatkan makan yang cukup. Hal ini tentunya akan sangat mempengaruhi sikap si anak. Anak biasanya akan mudah rewel letika mereka merasa lapar atau tidak mendapatkan cukup makanan.

Bahkan, sang anak juga bisa sampai menangis apabila ia merasa lapar, maka dari itu, orangtua harus peka dengan hal ini. Sebelum sholat tarawih, pada saat berbuka puasa, pastikan anak sudah dalam kondisi kenyang.

Kondisi itulah yang membuat sang anak lebih tenang dan pastinya tidak akan rewel saat diajak untuk ikut ataupun belajar sholat tarawih.

Menyediakan Peralatan Main

Kedua, tips agar anak tidak rewel saat ikut sholat tarawih ialah dengan menyediakan peralatan mainnya. Cara ini cukup ampuh untuk memberikan distraksi kepada sang anak agar ia tidak rewel.

Ketika ia mendapatkan peralatan mainnya pasti perhatiannya akan tertuju pada mainan tersebut dan menjadi tidak rewel. Dengan begitu, orangtua bisa fokus mengerjakan sholat tarawih sekaligus tidak merasa was-was terhadap sang anak karena mereka sedang bermain dengan dunianya.

Namun, perlu diingat juga untuk memilah minan yang disediakan, jangan sampai mainan tersebut justru membuat orangtua jadi tidak fokus beribadah. Contoh mainan yang mengganggu ialah mainan yang bersuara atau mainan yang apabila terbentur menimbulkan suara bising. Maka dari itu, pastikan mainan yang dipilih adalah mainan ringan yang tidak berbunyi.

Pakai Teknik Reward

Ketiga, tips agar anak tidak rewel saat ikut sholat tarawih ialah dengan menggunakan teknik reward. Teknik klasik ini sangat efektif untuk memastikan anak agar tidak rewel dengan cara yang diplomatis.

Orangtua bisa berkomunikasi pada anak dengan memintanya untuk tidak rewel selama mereka menjalankan sholat tarawih. Ketika sang anak berhasil menuruti perintah maka, ia berhak mendapatkan reward. Rewardnya bisa bermacam-macam, misalnya makanan favoritnya atau benda yang sedang diinginkan.

Cara seperti ini juga secara tidak langsung mengajarkan anak untuk bisa bertanggungjawab dan mau untuk mendengarkan perintah. Teknik ini tentunya bisa menjadi win-win solution agar mampu menerapkan sikap baik dan membuatnya  tidak rewel.

Orangtua Menjadi Contoh

Selanjutnya, tips agar anak tidak mudah rewel ialah dengan memberikan contoh yang baik pada anak. Masa kanak-kanak adalah masa dimana mereka akan meniru apa yang dilihatnya dan keluarga adalah sosialisasi pertama dalam hidupnya.

Maka dari itu, jika orangtua ingin anaknya tidak rewel maka, mereka harus bisa memberikan contoh bagaimana caranya untuk tertib. Misalnya pada saat akan sholat, orangtua meminta sang anak untuk memperhatikan. Secara tidak langsung, apa yang dilihatnya akan terekam dalam memorinya da ia ikuti.

;
Loading