Sukses

Lifestyle

Simak 3 Keistimewaan Salat Tahajud yang Dilaksakanan pada Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Salah satu amalan yang dianjurkan pada bulan ramadan ialah mengerjakan salat malam. Salah satu salat malam yang dianjurkan ialah salat tahajud. Salat tahajud merupakan salat sunnah yang dikerjakan di waktu malam, yakni pada malam hari setelah bangun dari tidur.

Selain salat wajib, amalan salat yang tinggi nilai pahalanya adalah shalat salat tahajud. Salat tahajud sering dianjurkan ketika seseorang tertimpa suatu musibah atau persoalan hidup yang berat. Pada momen inilah salat tahajud menjadi upaya maupun salah satu bentuk ikhtiar untuk mencari solusi permasalahan hidup.

Ibadah ini termasuk sunnah mu'akad, yaitu sunah yang dikuatkan dengan syara'. Kamu bisa mengerjakannya paling sedikit 2 rakaat dan tidak ada batasan. Anjuran untuk salat tahajud pada bulan ramadan juga diperkuat dengan hadits berikut:

"Sesungguhnya Allah telah menfardhu-kan puasa Ramadhan dan aku telah men-sunnah-kan bagimu shalat di malam harinya. Maka barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan dan shalat sunnah di malam harinya kareka iman dan ihtisab keluarlah ia dari dosa-dosanya sebagaimana pada hari dia dilahirkan oleh ibunya," (HR. Bukhari dan Muslim).

Mengerjakan salat tahajud pada bulan ramadan memiliki banyak keistimewaan yang sayang apabila dilewatkan. Buat kamu yang berniat melaksanakan salat tahajud di bulan ramadan, simak 3 keistimewaan salat tahajud berikut ini.

Menghapus Dosa

Salah satu keistimewaan salat tahajud yang dilaksanakan pada bulan ramadan ialah dapat menghapus dosa. Selama menjalani kehidupan di dunia, manusia tidak pernah luput dari dosa, baik dosa besar dan dosa kecil. Dengan mengerjakan salat tahajud ini, kita memiliki kesempatan untuk menghapus dosa-dosa yang pernah dilakukan.

Sebagaimana yang disampaikan oleh hadits berikut ini mengenai keistimewaan salat tahajud yang dapat menghapus dosa:

 “Lakukanlah shalat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa.” (HR. Tirmidzi).

Setelah mengerjakan salat malam, kita bisa berdoa kepada Allah SWT, memohon ampunan atas dosa-dosa yang pernah diperbuat selama ini. Berdoa hingga menangis mengakui dosa bisa membuatmu tenang karena pada saat itu Allah SWT berada sangat dekat denganmu.

Dikabulkannya Doa yang Dipanjatkan

Keistimewaans salat tahajud yang dilaksanakan pada bulan ramadan berikutnya ialah segala doa baik yang dipanjatkan akan dikabulkan oleh Allah SWT. Apalagi bila seseorang melaksanakannya di waktu utamanya yaitu di sepertiga malam terakhir.

Keistimewaan ini juga didukung oleh hadits berikut:

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

Dalam hidup, pasti kita memiliki hajat atau keinginan dan berharap dapat kita realisasikan. Salat tahajud adalah satu dari banyak ikhtiar yang bisa kamu lakukan. Berdoa dan utarakan semua keinginanmu pada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan mendengarkan dan mengabulkannya.

Pembuka Pintu Surga

Keistimewaan salat tahajud yang satu ini sangat luar biasa yakni, apabila dijalankan oleh umat muslim maka, ia bisa menjadikannya sebagai jembatan untuk masuk ke surga. Adapun hadits yang mengamini keistimewaan salat tahajud, berikut bunyi hadis yang dikatakan oleh Rasulullah SAW saat itu kepada Abdullah Ibnu Muslim berkaitan dengan keistimewaan sholat tahajud.

“Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah sholat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

Salat tahajud diumpakan seperti keutamaan sedekah yang dilakukan secara sirr (rahasia) dibanding sedekah yang dilaksanakan secara terang-terangan di depan publik. Maka dari itu, tidak heran ganjarannya adalah dibukakan pintu surge untuknya. Sebuah kemuliaan yang dapat menuntunmu selamat dunia akhirat.

Dalam surat Az-Zariyat ayat 15-18 pun disebutkan bahwa orang yang senantiasa melakukan sholat tahajud, akan mendapatkan ganjaran oleh Allah SWT ketika kelak sudah berada di akhirat. Berikut terjemahan Surat Az-Zariyat Ayat 15-18:

“Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18).

Loading