Sukses

Lifestyle

Hal-hal yang Merusak Amalan Puasa di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan menjadi ladang amalan selain tentunya menjalankan kewajiban berpuasa. Segala amalan kita dijanjikan akan dilipatgandakan saat puasa Ramadan.

Namun jangan sampai kita merusak amalan puasa di bulan Ramadan karena tidak mengetahui penyebabnya. Sebab yang ada kita hanya merasakan lapar dan dahaga serta amalan yang menguap begitu saja. 

Melansir dari berbagai sumber, adal lima hal yang bisa merusak amalan puasa kita. Pertama berdusta atau berbohong, kedua yaitu gibah, ketiga adu domba, keempat memandang dengan syahwat, dan kelima sumpah palsu.

Cara paling dianjurkan saat berpuasa adalah dengan menjaga lisan atau bahkan jika tidak perlu cukuplah diam, atau tidur. Karena diam dan tidurnya orang puasa juga termasuk ibadah. 

Selain itu, untuk mengindari hal-hal yang dapat merusak amalan puasa, lebih baik kita memperbanyak amalan saat puasa Ramadan itu sendiri. Terdapat tujuh amalan saat puasa Ramadan yang sangat baik untuk dikerjakan;

 

 

7 Amalan Puasa Ramadan

Pertama adalah memperbanyak qiyamul lail yaitu ibadah yang dilakukan pada malah hari walau hanya sebentar. Kedua membaca Alquran, kita bisa mencicilnya setelah sholat lima waktu dengan bantuan aplikasi untuk mencatatnya.

Ketiga adalah melakukan sholat yang hanya ada di bulan Ramadan, tarawih. Di saat pandemi, pemerintah mewajibkan kita untuk beribadah dari rumah, termasuk salat tarawih. 

Keempat mengidupkan malam Lailatul Qadar bisa dengan salat, dzikir, sampai tilawah Alquran. Kelima memperbanyak sedekah, keenam memperbanyak itikaf, dan terakhir melaksanakan ibadah umrah.

Untuk yang terakhir, tahun ini sulit dilakukan karena pandemi global Covid-19. Masih ada sisa enam yang bisa kita lakukan sepanjang bulan Ramadan. Selamat beribadah puasa Ramadan!

Simak juga video berikut:

#ChangeMaker 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading