Sukses

Lifestyle

7 Langkah Mudah Menjaga Berat Badan selama Berpuasa

Fimela.com, Jakarta Meski harus melewati Ramadan di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga usai, kehadiran bulan suci ini tetap disambut dengan suka cita bagi para umat muslim. Perayaan selama sebulan ini berakhir dengan perayaan idul fitri, dimana semua umat muslim berbagi kebahagiaan dan kebersamaan.

Selama puasa, waktu berbuka adalah waktu yang paling dinantikan. Sudah menjadi kepercayaan umum bahwa banyak orang kerap memanfaatkan puasa tidak hanya untuk berlomba-lomba mencari pahala tapi juga untuk menurunkan berat. Tetapi hal itu sangat bergantung pada menu berbuka. Jadi, jika kamu mengonsumsi lebih banyak makanan berminyak dan berlemak, berat badan kamu tetap akan bertambah.

Bahkan, beberapa orang cenderung menambah berat badan selama bulan suci Ramadan, dan ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan seperti mengonsumsi makanan berlemak tinggi hingga penurunan tingkat aktivitas dan masalah kesehatan tertentu. Tapi, kamu tidak perlu khawatir, sebab kenaikan berat badan atau penurunan berat badan selama periode ini sangat mudah dicapai dengan hanya sedikit perubahan pola diet.

Terapkan 7 cara berikut ini untuk mengatur berat badan kamu selama bulan Ramadan, dilansir dari Times of India.

1. Mengonsumsi air yang cukup

Mengonsumsu air dalam jumlah yang cukup membantu tubuh kamu tetap terhidrasi sepanjang hari. Oleh karena itu air minum di jam-jam non puasa adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh agar tetap fit. Lebih lanjut, air minum membantu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Dengan demikian, air dapat mengurangi masuknya asam dalam tubuh yang disebabkan karena puasa sepanjang hari.

2. Mengatur Pola Makan

Setelah puasa seharian, Iftaar atau berbuka puasa adalah waktu yang paling ditunggu, di mana seluruh keluarga berkumpul untuk berbuka puasa. Namun tidak dipungkiri, banyak orang memilih makanan kaya akan kalori untuk menu berbuka puasa. Ganti makanan tersebut dengan buah-buahan, salad atau sup, ini akan memuaskan rasa lapar kamu dan membuat kamu akan makan lebih sedikit makanan kaya kalori, yang menyebabkan berkurangnya akumulasi lemak perut.

3. Mengelola porsi makan

Hindari makan berlebihan untuk menghindari kelebihan berat badan. Nah, itulah kunci manajemen diet untuk menjaga berat badan yang berkelanjutan. Namun, setelah puasa seharian rasanya menjadi cukup sulit untuk mengelolanya. Oleh karena itu, hal terbaik untuk diikuti adalah menyiapkan porsi kecil, dengan cara ini kamu dapat menikmati setiap kelezatan makanan tetapi dalam jumlah sedang, sehingga tidak mengarah pada penambahan berat badan.

4. Jangan konsumsi minuman kemasan

Banyak orang memilih minuman yang manis untuk memuaskan dahaga mereka, dan tidak jarang yang memilih untuk membeli minuman kemasan karena bisa langsung dikonsumsi secara instan, apalagi jika kamu sedang dalam perjalanan. Tetapi, minuman kemasan ternyata dapat menyebabkan kembung dan kadar gula merusak sehingga kamu kehilangan kalori sepanjang hari hanya dalam satu gelas minuman. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan minuman jus yang baru diekstrak karena mengandung jumlah nutrisi, gula, dan serat yang tepat yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

5. Memilih menu makanan dengan bijak

Ini adalah salah satu alasan utama mengapa banyak orang mengalami kenaikan berat badan selama bulan suci Ramadan. Jadi, cara terbaik untuk mengelola kesehatan serta berat badan selama puasa adalah dengan mencari makanan sehat seperti produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak, sayuran segar dan tepung multi-gandum.

6. Memasak dengan Cara Sehat

Cara penting lain untuk mengurangi kandungan kalori dalam makanan adalah dengan memilih cara memasak yang sehat. Banyak orang menyiapkan hidangan seperti daging yang di goreng dan makanan dengan kandungan kalori yang tinggi untuk berbuka puasa, namun harus diketahui bahwa makanan tersebut akan menyebabkan kenaikan berat badan lebih banyak. Jadi, memilih mode memasak lain seperti memanggang, atau mengukus dapat membantu mengurangi jumlah kalori makanan yang kamu makan.

7. Berolahraga secara teratur

Mengamati puasa tanpa makan atau minum, justru bisa membuat kamu lemah. Jadi, berolahraga ringan dapat membantu kamu tetap bugar selama berpuasa satu bulan penuh. Cara terbaik untuk mengatur berat badan adalah dengan berjalan-jalan setelah makan malam. Hal ini juga akan membantu sistem pencernaan kamu bekerja lebih baik.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading