Sukses

Lifestyle

5 Cara Belajar Efektif Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Fimela.com, Jakarta Ibadah puasa di bulan suci Ramadan tidak menjadi halangan untuk kamu tetap belajar dengan giat. Walaupun tidak bisa makan dan minum di siang hari, tantangan yang kamu hadapi seharusnya menjadi cara untuk bereksperimen dengan cara belajarmu. Simak 5 cara agar bisa tetap belajar saat efektif walaupun sedang menjalankan ibadah puasa.

1. Membuat Penyesuaian

Dengan memiliki jadwal yang berbeda, kamu dapat membuat jadwal sesuai dengan bagaimana yang kamu bisa lakukan selama bulan Ramadan. Kamu dapat bangun lebih pagi dan tidak kembali tidur setelah sahur jika kamu akan mengulang topik pembelajaran siang harinya.

2. Asupan Makanan yang Bergizi

Sangat penting untuk tetap menjaga gizi dari makanan yang kamu makan selama berpuasa. Kamu akan mudah merasa kelelahan dan dehidrasi karena tidak makan dan minum di siang hari. Sebisa mungkin berikan asupan gizi yang cukup untuk dirimu agar dapat menjalani hari dengan maksimal.

 

Belajar tetap efektif di bulan Ramadan dengan cara ini

3. Istirahat yang cukup

Dengan jadwal yang berubah, kamu tentu harus menyesuaikan jam tidurmu agar kamu mendapatkan istirahat yang cukup. Kamu akan bangun sangat pagi untuk sahur, dan lebih baik jika kamu tidur lebih awal agar kamu tidak merasa kelelahan atau mengantuk saat menjalani hari.

4. Sadar atas kemampuan diri saat berpuasa

Jika kamu merasa kesulitan saat belajar, istirahatlah beberapa menit diantara kegiatan belajarmu. Kamu perlu mengatur kemampuanmu agar tetap fokus namun tidak menjadi terbebani walaupun sedang menjalankan ibadah puasa.

5. Belajar dengan Cara yang Mudah

Tentunya, saat berpuasa kamu harus bisa membuat proses belajarmu menjadi menyenangkan. Jika kamu menyukai belajar sendiri, kamu dapat fokus pada malam hari sebelum bersekolah di hari selanjutnya. Namun jika kamu kesulitan belajar sendiri, kamu dapat mengajak teman-teman untuk belajar bersama sekaligus menghabiskan waktu hingga jam buka puasa datang.

Jika kamu ingin belajar untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris dengan mudah di rumah, kamu dapat menggunakan aplikasi interaktif ELSA Speak. Dengan dukungan AI dan teknologi Speech Recognition, kamu akan mendapatkan penilaian akurat. Hanya dengan berlatih 10 menit setiap harinya, kamu dapat melihat perubahan pesat dalam 4 minggu. Tunggu apa lagi? Download ELSA Speak di Google Play Store & App Store, dan ngabuburit bersama ELSA Speak!

 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading