Sukses

Lifestyle

5 Hidangan Khas Ramadan dari Berbagai Negara

Fimela.com, Jakarta Saat sedang berpuasa, tentunya kita sangat menunggu waktu adzan magrib untuk berbuka puasa setelah menahan rasa lapar dan dahaga selama kurang lebih 13 jam. Banyak makanan yang menjadi menu andalan bagi orang Indonesia untuk berbuka puasa seperti es buah, gorengan, kolak, kurma, lontong dan makanan lainnya.

Tidak hanya di Indonesia yang memiliki makanan khas untuk berbuka puasa. Setiap negara memiliki takjil yang khas dari negara mereka yang biasanya selalu menjadi menu berbuka puasa. Bahkan ada beberapa makanan yang hanya dapat ditemukan saat bulan Ramadan.

Melansir dari Amaliah, berikut adalah makanan khas dari berbagai negara yang menjadi menu andalan saat berbuka puasa.

FUL MEDAMES

Makanan ini adalah makanan khas dari Mesir. Hampir setiap saar masyarakat Mesir mengonsumsi ini. Sangat cocok untuk dikonsumsi saat sahur karena penyajiannya yang cepat dan mudah. Selain nikmat, tentunya makanan ini juga sehat karena memberikan energi pada tubuh saat sedang berpuasa.

SUP HARIRA

Sup harira adalah makanan khas maroko yang menjadi menu andalan saat berbuka puasa. Namun, harira juga sering dikonsumsi oleh masyarakat Maroko di luar bulan Ramadan. Selain nikmat, tentunya soup ini juga sangat sehat karena terbuat dari kacang lentil dan menggunakan tomat sebagai bahan utamanya.

SAMOSA

Mungkin sudah tidak asing lagi mendengar makanan yang ini. Samosa adalah makanan yang sering disajikan untuk berbuka puasa di Pakistan. Samosa berisi daging cincang dan sayuran yang dibungkus dalam adonan kulit samosa dan setelah itu digoreng.

PIYAJI

Piyaji adalah makanan pokok khas Bangladesh. Terbuat dari bawang bombai dan ramuan bumbu lentil dan setelah itu digoreng. Makanan ini adalah menu yang paling banyak dicari oleh masyarakat Bangladesh untuk dijadikan makanan berbuka puasa.

ERK SOOS

Minuman ini adalah minuman tradisi Ramadan di negara Timur Tengah seperti Lebanon dan Suriah. Erk soos juga dapat ditemukan di Turki dengan sedikit variasi yang dibuat dengan jus delima. Rasa dari erks soos sedikit pahit, namun yang menjadi nilai tambahnya yaitu cara penyajiannya yang khas.

#ChangeMaker

Penulis: Zhafira Majdina

Simak Video Berikut Ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading