Sukses

Lifestyle

Cara Mencegah Naiknya Berat Badan Selama Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan dapat menjadi waktu yang tepat untuk kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan. Namun, nyatanya banyak orang yang mengalami kenaikan berat badan. Saat puasa, kamu hanya makan dua kali dalam sehari, saat sahur dan berbuka. Namun, mengapa banyak orang yang mengalami kenaikan berat badan saat berpuasa?

Hal ini wajar terjadi jika kamu selalu mengikuti hawa nafsu kamu terhadap makanan yang sudah disiapkan untuk berbuka puasa. Terkadang selama bulan Ramadan juga menjadi alasan kamu untuk menjadi malas berolahraga ringan ataupun melakukan aktifitas fisik lainnya. Kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu kamu dengan tidur sambil menunggu waktu berbuka. 

Naiknya berat badan dikarenakan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak dibanding kamu melakukan aktivitas fisik. Makan dengan porsi berlebih, mengonsumsi makanan yang berminyak dan berlemak akan membuat kamu merasa kembung, sakit perut dan malas. Kembung pada saat bulan puasa juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti melambatnya metabolisme tubuh kita

Mencegah Berat Badan Naik saat Puasa

Melansir dari Vogue Arab, untuk menghindari perut kembung dan naiknya berat badan saat bulan Ramadan, terdapat beberapa cara yang harus kamu lakukan. Tentunya saat berbuka puasa kamu harus menikmati menu berbuka kamu dengan porsi yang secukupnya.

Hindari juga mengonsumsi makanan yang digoreng dan mengandung banyak lemak seperti gorengan, daging yang mengandung banyak lemak, kentang goreng, krim keju dan makanan olahan lainnya. Sebagai alternatifnya, kamu dapat mengganti dengan ayam panggang, dimsum, susu rendah lemak dan makanan lainnya.

Ada baiknya untuk menghindari gangguan pencernaan dengan mengunyah makanan secara perlahan sehingga kamu juga dapat menikmati makanan kamu. Tidak perlu terlalu terburu-buru.

Sebelum mengonsumsi makanan utama, ada baiknya untuk kamu mengonsumsi salad atau sup rendah kalori terlebih dahulu. Ini akan membantu kamu merasa lebih kenyang. Dengan ini, kamu dapat mengurangi porsi makanan utama kamu.

Jangan lupa untuk mengonsumsi air yang cukup setiap harinya , mengurangi makanan manis yang berlebih dan mengonsumsi makanan kaya akan serat selama sahur agar kamu merasa kenyang karena dicerna lebih lambat dan dapat menyediakan energi dalam tubuh selama berpuasa.

Tidak ketinggalan untuk tetap berolahraga atau melakukan aktivitas ringan sebelum berbuka puasa atau pada saat malam hari setelah berbuka puasa. Dengan melakukan ini semua, setidaknya kamu dapat menjaga berat badan kamu agar tidak naik sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Penulis: Zhafira Majdina

;
Loading