Sukses

Lifestyle

Pandemi Membuat Kita Makin Mencintai Diri Sendiri, 4 Aktivitas Simpel untuk Mengisi Waktu

Fimela.com, Jakarta Mengubah rutinitas di tengah panedemi virus corona ini memang tidak mudah. Mengatasi rasa cemas dan was-was pun membuat kita tak nyaman. Kita semua pun berharap semua keadaan akan segera membaik. Melalui Lomba Share Your Stories: Berbagi Cerita tentang Pandemi Virus Corona ini Sahabat Fimela berbagai cerita dan harapannya di situasi ini. Langsung ikuti tulisannya di sini, ya.

***

Oleh: Rahayu Putri

Masa depan bukanlah segala hal baik yang kita harapkan, hal buruk yang terjadi pada kehidupan kita juga bisa saja untuk kebaikan kita. Selama tiga bulan belakangan ini semua orang diminta dengan sangat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring, mulai dari tingkat anak-anak sekolah dasar sampai mahasiswa. Berbagai pekerjaan yang biasa dilakukan di kantor harus dikerjakan di rumah secara daring. Terdapat banyak sekali perubahan yang sangat signifikan pada berbagai aktivitas kehidupan kita. Akan tetapi, sahabat Fimela tentunya tidak boleh bersedih atau patah semangat karena hal ini. Masih ada begitu banyak kegiatan yang bisa mengembalikan mood kita dan membuat kita lebih semangat menjalani hari-hari ke depan.

Aku yakin semua sahabat Fimela masih terus berusaha menjadi produktif di masa-masa pandemi ini. Meskipun terkadang sulit untuk bertahan, tapi bisa saja hal ini adalah pemberian yang terbaik untuk kita saat ini. Sahabat Fimela harus pintar-pintar menambahkan beberapa aktivitas baru untuk mengurangi rasa bosan selama di rumah saja seperti saat ini. Nah, ini adalah beberapa aktivitas yang kulakukan selama masa pandemi ini yang tentunya bisa sabahat Fimela juga bisa lakukan.

1. Lettering

Salah satu aktivitas yang saat ini aku tekuni adalah lettering di sela-sela berbagai aktivitas yang kulakukan selama di rumaha saja. Mungkin sahabat Fimela ada yang belum tahu soal lettering ini, menurut pemahamanku lettering adalah seni menggambar huruf. Setelah adanya imbauan untuk pelaksanaan kuliah online maupun sekolah secara online semuanya jadi terasa membosankan jika hanya itu-itu saja aktivitasnya. Maka dari itu, karena bagi para mahasiswa ataupun pelajar, bahkan para pekerja juga bisa mulai mencatat berbagai progress pekerjaan maupun deadline dengan lettering ini. Secara pribadi, aku jadi semakin bersemangat untuk memulai hari dan senang untuk lebih banyak belajar dan membuat catatan apalagi jika catatannya jadi cantik jika pakai lettering.

Aku baru-baru ini juga baru sadar kalau aktivitas ini adalah hal paling aku benci saat aku dulu di sekolah dasar karena harus menulis huruf sambung. Huruf sambung ini basic-nya dari lettering lho sahabat Fimela. Ternyata hal yang kubenci dulu bisa menjadi sumber kebahagiaanku di masa saat ini. Lettering ini membantu kita untuk mewujudkan rasa cinta kita akan keindahan. Kita jadi ingin bermain dengan warna-warna, lalu ingin berbagi hal-hal positif yang ada dalam hidup kita di masa yang suram ini. Berbagai tekanan dalam pekerjaan maupun tugas bisa diringankan saat kita membuat lettering. Semoga sahabat Fimela juga bisa merasakan manfaat dari kegiatan sederhana ini.

2. Olahraga

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang sangat membantuku di masa-masa pandemi ini. Sebenarnya olahraga adalah salah satu kegiatan yang mungkin dulu sahabat Fimela lakukan juga sebelum masa pandemi ini, akan tetapi pasti intensitasnya tidak terlalu tinggi karena padatnya berbagai aktivitas di luar rumah. Nah, pada masa pandemi ini aku benar-benar bisa merasakan kebahagiaan saat berolahraga dan berkeringat. Ini adalah salah satu hal bagus yang tidak pernah aku rasakan selama ini.

Selama sahabat Fimela bekerja dari rumah ataupun melakukan kuliah online tentunya sabahat Fimela pasti akan lebih banyak berdiam diri di depan layar laptop ataupun gawai dalam waktu yang tidak sebentar, paling tidak selama 4 jam kita bisa hanya duduk saja dan tidak berkativitas yang lain. Tubuh kita juga perlu aktivitas yang lain, dan olahraga ini adalah pilihan tepat yang baik untuk kesehatan kita karena rutinitas yang kita miliki selama di rumah saja ini.

Ada banyak sekali pilihan olahraga yang bisa sahabat Fimela lakukan dan bisa ditemukan dengan mudah di Youtube. Aku secara pribadi sedang senang melakukan cardio selama 15 menit atau 30 menit setelah bangun tidur atau sore hari sebelum pukul 16.00 WIB. Berdasarkan dengan rutinitasku, kedua waktu itu sangat sesuai untukku. Sahabat Fimela bisa memilih waktu lain yang sesuai untuk rutinitas sahabat Fimela. Jika ingin menimbulkan kebahagiaan saat melakukan aktivitas ini tentu saja sahabat Fimela bisa memilih waktu ternyamannya agar tidak ada perasaan terpaksa. Terlebih lagi saat ini dengan minimnya aktivitas berat badan bisa saja naik dengan begitu mudah, olahraga akan sangat membantu sahabat Fimela menjadi lebih bugar setiap harinya.

3. Memasak

Memasak adalah aktivitas lainnya yang bisa sahabat Fimela jadikan alternatif untuk mengurangi rasa bosan dan meningkatkan kemampuan memasak sahabat Fimela. Dulu, sewaktu sahabat Fimela banyak beraktivitas di luar rumah sehingga junk food adalah salah satu pilihan yang sering diambil karena cepat dan mudah membelinya. Padahal makanan cepat saji tidak semuanya baik untuk kesehatan sahabat Fimela. Maka dari itu waktu luang yang banyak dimiliki saat beraktivitas di rumah ini bisa digunakan dengan mulai memasak berbagai hidangan yang sahabat Fimela sukai.

Sahabat Fimela juga bisa memulai hidup sehat mulai dari saat ini karena menerapkan kebiasaan memasak. Bahan dan masakan yang sahabat Fimela pilih bisa lebih sehat dan terjaga kebersihannya. Bagi sahabat Fimela yang akan segera menikah, tentunya hal ini juga bisa menjadi kesempatan yang bagus untuk mencoba memasak menu-menu baru sehingga nantinya bisa menyenangkan suami ataupun mertua. Setiap kesempatan yang ada bisa sahabat Fimela manfaatkan untuk bisa menjadi lebih baik.

4. Menulis

Ini adalah kegiatan yang biasa aku pilih saat kondisi moodku sedang buruk. Jujur saja, aku bukan tipe perempuan yang sering menceritakan berbagai hal yang aku alami ataupun kesedihan yang sering menerpaku bisa dibilang aku cukup tertutup. Aku juga cukup sulit untuk percaya kepada orang lain karena tidak hanya sekali aku bertemu dengan orang-orang yang perkataanya berlainan dengan perbuatannya. Jangan menjadi orang yang seperti itu, karena hal itu bisa saja menyakiti dirimu sendiri dan orang–orang di sekitarmu. Sehingga, menurutku membagikan kisahku kepada orang lain secara langsung bukanlah sesuatu yang baik.

Saat aku mengalami kesulitan aku malah harus memutar otak bagaimana menaganinya dan apa langkah yang bisa kuambil untuk lebih tenang dan tidak stres. Aku sangat senang menulis dan sering membagikan tulisan-tulisanku melalui media cetak ataupun eletronik. Aku juga terbiasa mengikuti lomba menulis baik artikel, cerpen, ataupun puisi bisa juga seperti lomba menulis pengalaman rutin yang selalu diadakan oleh Fimela. Kalian bisa menghilangkan beban pikiran kalian tanpa khawatir aka nada orang yang menyakiti kalian atau akan menyebarkan fitnah-fitnah yang tidak baik kepada kalian. Menulis adalah jawaban terbaik untukku saat aku merasa sedih atau depresi. Aku bahkan bisa sangat senang jika melalui tulisanku semakin banyak orang yang terinspirasi.

Nah, sahabat Fimela itu tadi beberapa aktivitas baru yang sekarang menjadi bagian dari rutinitas harianku. Masa-masa pandemi tidak sepenuhnya berimbas buruk pada kehidupan kita asalkan kita bisa melihat sisi positif dari kejadian yang terjadi. Aku yakin semua sahabat Fimela ingin pandemi ini segera berakhir dan terkadang merasa bosan, akan tetapi lebih baik jika kita berusaha menikmati dan mengambil sisi positif dari kejadian yang terjadi saat ini sehingga semuanya bisa menjadi lebih baik. Semoga sahabat Fimela bisa lebih menikmati berbagai kegiatan selama di rumah saja ini.

#ChangeMaker

;
Loading