Sukses

Lifestyle

8 Hal yang Harus Dihindari, Agar Puasa Tidak Batal

Fimela.com, Jakarta Puasa merupakan kewajiban umat Muslim, untuk menahan diri dari nafsu duniawi, dan membantu melatih kesabaran.

Puasa juga dilakukan untuk tidak makan dan minum, dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari. Namun puasa tidak hanya berhubungan dengan makan dan minum saja.

Ada cukup banyak hal yang harus dihindari, atau hal yang tidak boleh dilakukan saat berpuasa, agar puasanya tidak batal. Agar puasa lancar seharian, berikut hal yang harus dihindari, untuk mencegah puasa batal:

Makan dan Minum dengan Sengaja

Pada saat berpuasa, biasanya hanya diperbolehkan makan dan minum saat sahur, dan juga pada malam hari setelah buka puasa. Makan dan minum bisa membuat puasa menjadi batal, jika Sahabat Fimela sengaja mengonsumsi makanan dan minuman, saat sedang berpuasa. Jika tidak sengaja makan dan minum karena lupa, segera keluarkan makanan atau minuman yang masih ada di mulut, agar puasa tidak batal.

Sikat Gigi saat Berpuasa

Sebenarnya melakukan sikat gigi pada saat berpuasa, yang bisa menyebabkan batal puasa, masih menjadi perdebatan beberapa orang, Pada saat berpuasa, biasanya mulut akan mengeluarkan bau yang tidak sedap, namun hal ini adalah hal yang wajar terjadi.

Namun, beberapa ulama berkata bahwa sikat gigi pada saat berpuasa bisa membuat puasa batal, apalagi kalau dilakukan setelah waktu Zuhur.

Haid dan Nifas

Haid atau menstruasi adalah proses keluarnya darah kotor dari vagina, yang terjadi karena siklus bulanan alami, pada tubuh wanita. Siklus haid terjadi karena Rahim tidak mengalami kehamilan, sehingga endometrium akan mengalami peluruhan, kemudian keluar bersama darah melalui vagina.

Sedangkan nifas adalah darah yang keluar dari rahim, yang disebabkan karena proses melahirkan atau setelah melahirkan. Darah nifas biasanya keluar selama 40 hari setelah melahirkan. Selama masa nifas, seorang perempuan dilarang untuk melakukan salat, puasa dan berhubungan intim dengan suaminya.

Begitu juga pada saat haid atau menstruasi, seorang perempuan dilarang berpuasa. Jika saat berpuasa perempuan mengeluarkan haid berarti puasanya batal.

Berenang

Pada saat berpuasa, harus tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, salah satunya dengan berolahraga. Berenang adalah salah satu jenis olahraga. Namun pada saat berpuasa, berenang bisa membuat puasa batal. Berenang adalah olahraga yang dilakukan di dalam air, sehingga berenang bisa membuat air masuk ke dalam tubuh, baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

Emosi yang Berlebihan

Pada saat berpuasa, Sahabat Fimela harus menahan emosi, dan juga harus belajar sabar. Seseorang yang sedang berpuasa, tidak boleh mengeluarkan emosi secara berlebihan, baik disengaja maupun tidak sengaja.

Emosi yang berlebihan, bisa membuat puasa mejadi batal. Apalagi jika emosi disertai dengan mengeluarkan kata-kata kotor atau memukul dan melukai seseorang.

Berhubungan Seksual

Berhubungan seksual bisa membuat puasa batal. Karena pada saat puasa, seseorang harus belajar menahan nafsu.

Bagi pasangan yang ingin melakukan hubungan seksual, sebaiknya lakukanlah pada saat setelah matahari terbenam, atau sebelum matahari terbit.

Berhubungan seksual bisa dilakukan pada saat sebelum sahur, atau saat setelah berbuka puasa, untuk menghindari puasa yang batal.

Merokok Pada Saat Berpuasa

Pada saat berpuasa, sebaiknya hindari merokok, karena merokok bisa membuat puasa menjadi batal. Saat puasa, sebaiknya tidak memasukkan apapun ke dalam mulut, sedangkan merokok dilakukan dengan memasukkan rokok ke dalam mulut dan dihirup. Selain itu, merokok juga kurang bagus untuk kesehatan tubuh, dan bisa mengganggu sistem pernafasan pada seseorang.

Muntah

Muntah juga bisa menyebabkan puasa batal, karena dilakukan dengan sengaja. Muntah bisa membantu mengeluarkan isi perut yang kotor.

Namun jika Sahabat Fimela muntah, yang tidak sengaja karena sakit, hal tersebut tidak akan membuat puasa menjadi batal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading