Sukses

Lifestyle

Perlahan Arab Saudi Melonggarkan Aturan Lokcdown dengan Beberapa Aturan Pemerintah yang Harus Dipatuhi

Fimela.com, Jakarta Pemerintah Arab Saudi telah melonggarkan lockdown secara perlahan. Pembukaan lockdown diberlakukan di provinsi timun Qartif bulan lalu sebagai bagaian dari langkah-langkah untuk mencegah penyebaran virus corona.

Dilansir dari gulfnews, Mulai Kamis (30/04/2020), masuk dan keluar wilayah Qatif telah diizinkan. Masyarakat Arab Saudi di dalam provinsi juga diizinkan untk pergi dan keluar stiap hari pada pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore waktu UEA.

Kerajaan dan rekomenadis badan kesehatan pun terus melakukan langkah-langkah terbaru untuk melawan pandemi virus corona, ujar seoarang pejabat Kementerian Dalam Negeri.

"Juga telah diputuskan untuk melanjutkan pekerjaan kegiatan yang dikecualikan dan kepatuhan dengan tindakan pencegahan kesehatan yang diumumkan sebelumnya," pejabat itu menambahkan.

Awal pekan ini, Raja Arab Saudi, Salman Ibn Abdul Aziz memerintahkan pencabutan sebagian dari jam malam nasional yang diberlakukan karena virus corona sambil tetap lockdown 24 jam di kota suci Mekah.

Aturan setelah pembukaan lockdown

Dekrit kerajaan juga memungkinkan beberapa kegiatan ekonomi dan komersial untuk dilanjutkan mulai Rabu (29/4/2020) hingga 13 Mei. Seperti dibukannya toko grosir dan eceran, pusat perbelanjaan, perusahaan konstruksi dan pabrik.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammed Al Abdulaali, menyarankan tindakan pencegahan saat berbelanja setelah pembukaan kembali toko dan mal komersial. Anak-anak di bawah usia 15 dan orang tua dengan penyakit kronis, lanjutnya, harus menghindari kegiatan berbelanja untuk mencegah terpapar atau terinfeksi virus corona.

Pembukaan kembali sebagian pasar dan mal hanya  dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore waktu setempat. Para pembeli diperiska suhu tubuhnya di pintu masuk pusat perbelanjaan.

Tidak diperkenankan mencoba produk kosmetik dan parfum, serta elevator ditutup dan menerapkan atauran social distancing di lantai gedung.

Kafe, restoran, ruang ganti pakaian, dan tempat sholat umum masih ditutup. Membayar belanjaan dengan elektronik sangat disarankan. Mereka juga tetap menghindari kerumanan orang, memakai masker, dan mencuci tangan dengan air dan sabun.

 

 

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading