Sukses

Lifestyle

5 Cara Membuat Pepes Tanpa Daun yang Tetap Lezat dan Sehat

Fimela.com, Jakarta Menu pepes bisa jadi opsi untuk santap sahur dan berbuka puasa yang tetap lezat sekaligus sehat karena tidak digoreng. Namun banyak yang menganggap menu pepes lebih ribet dibuat karena harus mencari daun untuk membungkusnya.

Eits, daun pisang bukan satu-satunya cara untuk membungkus menu pepes seperti tahu atau ikan. Tanpa daun pisang, kita tetap bisa berkreasi membuat menu pepes yang lezat dan sedap.

 

Seperti pemilik usaha kuliner plant-based food atau diet nabati Adhe Vita Phianti yang membuat pepes dengan kertas roti. Ia pun berkreasi dengan membuatnya berbentuk gulungan seperti sosis yang diberi nama sosis tahu.

Pepes dengan Kertas Roti

Bahan-bahan:

- 1 lembar kembang tahu kering (rendam dengan air hangat 10-15 menit )

- 1/2 cup tepung beras Tahu Tahini organik (jika tidak ada, kamu bisa membuatnya sendiri, caranya sangrai wijen dan blender bersama sedikit air)

- Minyak wijen

- Kecap asin

- Garam Himalaya

Cara Membuat:

- Blender semua bahan, setelah teraduk sempurna lalu siapkan kertas roti

- Gulung bahan sosis tahu ini menggunakan kertas tersebut lalu kukus kurang lebih 10-15 menit

Wadah Plastik Food Grade

Masakan pepes tanpa daun juga bisa dibuat dalam wadah plastik food grade untuk di-steam, dan dikukus. Pastikan wadah plastik sudah dapat label 100 persen Food Grade yang bebas dari bahan kimia berbahaya bagi kesehatan.

Biasanya label Food Grade ditandai dengan simbol gelas dan garpu. Zat kimia berbahaya yang biasanya terkandung di wadah makan non-Food Grade adalah Bishepenol-A melansir dari tupperware.co.id. 

Bahan kimia yang terkandung dalam wadah tersebut bisa masuk bergerak ke dalam tubuh ketika kita menelannya. Tubuh manusia biasanya sensitif terhadap perubahan kadar hormon. 

BPA dikatakan meniru struktur dan fungsi hormon estrogen. Selain itu BPA juga memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan reseptor hormon lain sehingga dapat mengubah fungsi hormon tersebut. Inilah alasan mengapa kemampuan BPA meniru estrogen dapat mempengaruhi kesehatan kita.

 

Cetakan Makanan

Nah, cara lain membuat pepes tanpa daun adalah membentuknya dengan cetakan agar-agar atau pudding. Tampilan bentuknya pun bisa disesuaikan dengan selera dan pastinya lebih cantik dilihat.

Atau jika tidak memiliki cetakan agar-agar, bisa menggunakan mangkuk kecil tahan panas seperti membuat puding Creme Brulle. Tampilan pepes tahu pasti akan naik kelas seperti restoran bintang lima, bukan?

Cetakan dengan tutup Alumunium Foil

Cara lain untuk membuat menu pepes tanpa daun adalah menggunakan cetakan yang ditutup dengan alumunium. Kemudian kukus hingga matang.

Setelahnya baru panggang di wajan sekitar 30 menit. Pepes siap disajikan.

Loyang Kue

Ternyata menyajikan menu pepes dengan loyang kue juga bisa menjadi opsi. Untuk membuatnya tetap sedap dan aromatik, kita harus memperkaya bumbunya.

Setelah tercampur semua bahan dengan merata, kukus pepes tahu kurang lebih 30 menit. Voila, pepes tahu siap dihidangkan.

Simak Video Berikut

#ChangeMaker 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading