Sukses

Lifestyle

7 Manfaat Konsumsi Madu Saat Bulan Puasa untuk Kesehatan Tubuh, Rambut dan Kulit

Fimela.com, Jakarta Mengonsumsi asupan makanan dan minuman yang bergizi, baik ketika berbuka atau saat sahur, akan membuat tubuh sehat saat bulan puasa.

Salah satunya mengonsumsi madu pada saat bulan puasa. Selain baik untuk kesehatan tubuh, madu juga baik kesehatan rambut dan kulit. Madu memiliki manfaat yang sangat banyak. Madu memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, maka madu bisa dijadikan sebagai makanan sehat dan lezat saat bulan puasa.

Berikut 7 manfaat konsumsi madu saat bulan puasa, untuk kesehatan tubuh, rambut dan kulit:

Menambah Energi Saat Puasa

Manfaat madu yang pertama adalah bisa menambah energi saat puasa. Madu bisa dikonsumsi pada saat sahur, dan bisa di minum juga pada saat buka puasa.

Madu memiliki kandungan gula alami, serta mengandung karbohidrat, yang berperan untuk menambah energi pada saat puasa.

Selain itu, madu juga mengandung kalsium, kalium dan juga zat besi, yang berfungsi untuk menjaga kekuatan otot dan tulang agar selalu kuat menjalani aktifitas.

Menguatkan Sistem Imun Tubuh

Pada saat berpuasa, sistem imun tubuh pada seseorang akan sedikit menurun, karena kurangnya asupan gizi.

Rutin mengonsumsi madu pada saat sahur atau buka puasa, bisa membantu menguatkan sistem imun tubuh, karena madu membantu tubuh meningkatkan produksi sel-sel imunitas.

Jika produksi sel imun meningkat, maka metabolisme tubuh juga akan menjadi lebih kuat, dan lebih bersemangat untuk menjalani aktifitas selama puasa.

Madu juga memiliki peran untuk melawan bakteri dalam tubuh. Sehingga mengonsumsi madu bisa mencegah beberapa macam penyakit, baik yang terjadi akibat infeksi virus atau bakteri.

Mencegah Diabetes

Walaupun madu memiliki rasa yang manis, rutin mengonsumsi madu pada saat bulan puasa, bisa membantu mencegah penyakit diabetes.

Penyebab utama penyakit diabetes adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung gula, terutama gula buatan. Rasa manis dari madu merupakan rasa alami dari madu itu sendiri.

Madu memiliki kandungan glukosa dan fruktosa, yang merupakan pemanis alami dari madu, yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Mencegah Penuaan Dini

Kandungan yang paling banyak dimiliki oleh madu adalah senyawa antioksidan. Antioksidan bisa membantu merawat sel kulit, agar terhindar dari penuaan dini.

Antioksidan juga memiliki peran untuk melawan radikal bebas, yang menjadi penyebab utama rusaknya jaringan sel kulit, yang bisa membuat kulit menjadi rusak dan keriput.

Antioksidan yang ada pada madu juga bisa mencegah sel kanker, baik mencegah kanker kulit, maupun kanker yang ada di dalam tubuh.

Mengontrol Kolesterol Pada Tubuh

Madu memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan bisa membantu melindungi pembuluh darah, agar tetap terkontrolnya kolesterol dan kadar gula darah dalam tubuh.

Kolesterol jahat yang terperangkap di dinding arteri, bisa menjadi plak jika terpapar radikal bebas, yang kemudian menyumbat aliran darah dalam tubuh.

Senyawa antioksidon memiliki peran untuk mencegah radikal bebas, sehingga radikal bebas akan menjadi berkurang, dan mengontrol kolesterol pada tubuh.

Menjaga Kesehatan Kulit

Mengonsumsi madu pada saat puasa, bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Salah satunya adalah membantu kulit menjadi lebih lembap.

Madu juga dapat membantu mengecilkan pori wajah, serta membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut. Madu di percaya bisa membantu membunuh bakteri jerawat.

Selain dikonsumsi, madu juga bisa dijadikan masker untuk wajah. Madu juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati.

Menjaga Kesehatan Rambut

Madu juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Terutama untuk menjaga kesehatan rambut, bagi perempuan yang menggunakan hijab.

Saat digunakan pada rambut, madu dapat membuat rambut lebih kuat, berkilau dan bisa mengatasi kutu di kulit kepala.

Madu juga bisa diolah untuk dijadikan masker rambut, agar rambut menjadi lebih sehat, saat menggunakan hijab di bulan puasa.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Masalah Kesehatan yang Muncul Akibat Aktivitas Olahraga Berlebihan
Artikel Selanjutnya
Arti Surat Al Ikhlas dan Keutamaannya dalam Kehidupan Sehari-Hari