Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Masyarakat Indonesia yang Berubah Selama Pandemi Corona

Fimela.com, Jakarta Pandemi Corona atau COVID-19 memengaruhi begitu banyak aspek kehidupan. Mulai dari kesehatan, sosial ekonomi, sistem pendidikan, hingga kebiasaan dan tren gaya hidup. Para siswa kini belajar dari rumah. Sebagian masyarakat kini berdiam di rumah. 

Hal inilah yang memengaruhi kebiasaanmu kini. Grab Indonesia melihat ada 5 kebiasaan yang berubah pada kebanyakan masyarakat Indonesia selama pandemi Corona. 

1. Belanja Online

Memang, kebiasaan berbelanja secara online sudah marak sebelum adanya Corona. Namun, Grab menemukan kalau kini masyarakat Indonesia menjadi lebih rajin berbelanja online. Data Grab menunjukkan Jumlah pesanan GrabExpress pada Maret 2020 naik 21.5% dibandingkan bulan sebelumnya. Menariknya, banyak juga nih yang suka belanja dari UMKM lokal, karena terdapat kenaikan pengantaran sebanyak 40% oleh social sellers (UMKM).

2. Makan Sehat

Adanya Corona mendorong masyarakat untuk lebih memerhatikan kesehatannya. Salah satunya dengan beralih memesan makanan sehat. Jumlah pesanana makanan sehat di negara lain menurun namun di Indonesia lebih memilih makanan sehat dengan kenaikan jumlah pesanan sebanyak 7,4%. 

3. Ngemil

Adanya GrabMart ternyata mempermudah pelanggan untuk membeli berbagai kebutuhan harian, termasuk camilan. Hal ini dibuktikan dari data kenaikan pemesanan GrabMart di Indonesia pada Maret 2020 yang naik 22% dibandingkan bulan sebelumnya.3 item paling dibeli selama pandemi COVID-19 melalui GrabMart adalah Es Kopi - bermacam variasi, Siomay Ikan dan Pao Ayam BBQ.

4. Makan Siang Lebih Banyak 

Sebelum Ramadan, jumlah pesanann makanan naik sebanyak 9,4% dalam satu kali pesan (basker size). Makanan yang paling banyak dipesan adalah ayam goreng, es kopi, dan aneka mi. 

5. Berbagi

Jiwa sosial masyarakat Indonesia ternyata tidak pernah padam meski keadaan sedang sulit. Jumlah pelanggan yang memberikan tip kepada mitra pengantaran GrabFood pada Maret 2020 meningkat sebanyak 38%. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading